Widget HTML Atas

loading...

Optimalkan Pengasuhan Di Masa Keemasan

Sumber gambar : Koleksi foto pribadi penulis
Banyak yang sudah mengetahui bahwa usia 0 sampai 5 tahun itu merupakan masa keemasan bagi si kecil. Dimana direntang waktu tersebut merupakan masa-masa penting dalam pembentukan pengetahuan dan perilaku anak. Nah sebenarnya apa sih yang perlu dilakukan oleh orang tua agar masa keemasan ini tidak lewat begitu saja?

Mungkin penulis bukanlah orang yang tepat membahas tentang ini, tetapi penulis mau mencoba memaknai kata-kata dari para pakar psikolog tentang masa keemasan anak. Penasaran? Boleh ikutin terus ya penelusuran penulis.

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik buat buah hati tersayang. Sehingga terkadang beberapa orang tua memasukkan putri atau putranya masuk ke sekolah lebih awal. Agar bisa membangun dan mengeksplorasi potensi si kecil. Namun benarkah masa keemasan anak hanya sampai usia 5 tahun?

Seperti yang pernah dilansir di tipshamil.web.id (10/01/2016), golden age atau fase emas adalah fase saat otak anak mengalami perkembangan paling cepat dalam masa pertumbuhannya. Kurang lebih 80% otak anak mengalami perkembangan pada usia 0 sampai 6 tahun. Usia inilah yang disebut golden age atau fase emas tumbuh kembang anak.

Menurut pendapat berbeda, waktu anak lahir sampai berusia 8 tahun adalah periode kritis dalam perkembangan tumbuh kembangnya. Seperti tumbuh kembang dalam keterampilan motorik, kognitif, emosional, dan pertumbuhan fisik pada anak. Periode anak usia dini ini merupakan periode perkembangan di mana lingkungan sangat berpengaruh dalam menentukan perkembangan dan pertumbuhan otak dan sistem saraf pusat (sumber referensi : hellosehat.com (15/08/2017)).

Walaupun ada perbedaan pendapat tentang rentang usia masa keemasan tumbuh kembang anak. Tetapi semua sepakat kalau di masa keemasanlah awal penting dalam pembentukan pengetahuan dan perilaku anak.

Menurut Imam Ratrioso seorang psikolog. Yang penting di masa keemasan bagi anak adalah kualitas pengasuhan kita. Mengapa?

"Karena golden age adalah masa dimana jalur belajar anak tentang karakter, sikap, intelek, emosi, dan moral manusia dibentuk. Semakin bagus kualitas pengasuhannya, berarti semakin banyak dan bagus jalur belajar yang terbentuk di otaknya." jawab Imam (sumber referensi dari voa-islam.com (25/07/2009)).

Beliau menganjurkan para orang tua untuk memberi bekal kebaikan kepada anak sejak dini dengan pola pendekatan. Seperti memberikan permainan yang menggembirakan, tidak kasar, berdisiplin, dan ajarkan pengetahuan sesuai dengan tingkat usianya.


Menurut penelitian dari para ahli ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua agar masa keemasan menjadi optimal. Seperti mengarahkan anak sesuai bakat dan minat yang disukainya, memberikan perhatian yang optimal kepada anak, mengenali anak sesuai dengan kepribadiannya, dan menghargai bentuk-bentuk potensi yang ada pada anak-anak kita.

Itulah beberapa langkah awal yang bisa dilakukan orang tua agar mengoptimalkan pola asuh di masa keemasan buah hati tersayang.

Semoga beberapa tips tersebut bisa bermanfaat ya sahabat bunda hebat.

Kalau mau kasih tips lain berikutnya boleh di taruh di kolom komentar ya? Ditunggu komentarnya (n_n)
lithaetr
lithaetr Seorang IRT yang ingin berbagi sepenggal kenangan dan kisah berharganya, agar dapat menjadi pelajaran dan manfaat bagi sesama. Saat ini masih terus belajar menjadi penulis dan pemerhati anak. Jika ingin mengajak penulis bekerjasama silakan saja hubungi via email ke lithaetr@gmail.com atau ke WhatsApp http://wa.me/628161977335.

No comments for "Optimalkan Pengasuhan Di Masa Keemasan"

Berlangganan via Email