Widget HTML Atas

loading...

Bosan, Siapa Takut

Sumber gambar : gambar-katakata.com
Melakukan kegiatan dan rutinitas sehari-hari terkadang membuat kita jenuh atau bosan. Kalau sudah berada di titik ini kita akan merasa down dan malas untuk ngapa-ngapain. Jangan sampai rasa bosan atau jenuh ini bisa membuat sahabat menjadi depresi ya.

Secara Psikologi, bosan didefinisikan oleh Fisher dalam istilah sebagai sebuah kondisi perasaan yang tidak menyenangkan dan bersifat sementara. Bosan juga bisa menyerang seseorang dan menyebabkan orang tersebut merasakan suatu kehilangan minat dan sulit konsentrasi terhadap aktivitas yang sedang dilakukannya (sumber referensi dari : dosenpsikologi.com)

Ternyata rasa bosan itu bisa dihilangkan dengan mudah loh. Mau tau tipsnya? Yuk ikuti terus tulisan ini ya.

Yang pertama mencari tau apa sumber yang membuat kita bosan.
Biasanya perasaan bosan ditimbulkan karena beberapa hal. Seperti rasa sendiri dan sendirian.

Merasa tidak mempunyai orang yang bisa kita ajak berbagi, bersosialisasi, dan tidak ada yang mengerti apa yang sedang kita rasakan. Adanya perasaan ini bisa memicu timbulnya kejenuhan.

Apalagi merasa kegiatan sehari-hari terasa membosankan karena cuma itu-itu saja tidak ada perubahan dan variasi baru. Maka kita pun semakin merasa sendiri dan sendirian.

Apakah sahabat juga merasakan hal yang sama? Berarti sahabat tidak sendirian. Itu yang harus sahabat suntikan dulu ke dalam hati agar mengurangi rasa bosan.

Kalau sudah mengetahui alasan kita bosan, maka kita sudah siap mencari solusinya. Oleh karena itu, kita butuh booster atau suntikan positif.

Suntikan positif paling ampuh adalah dari diri sendiri. Walaupun orang lain sudah memberikan kata-kata positif tapi memang paling ampuh adalah yang berasal dari diri sendiri.

Maka kalau penulis merasakan hal ini yang dilakukan setelah tau alasannya adalah booster kalau kita tidak sendirian. Banyak orang yang juga berjuang dan mungkin perjuangannya lebih sulit dari kita.

Oleh karena itu, kita perlu bersosialisasi. Jika sahabat merasa bosan atau jenuh cobalah untuk bersosialisasi dan mencoba mengenal lingkungan lain. Minimal kenal lingkungan diri anda sendiri, dengan begitu anda akan memiliki interaksi dengan orang baru, mengobrol, melakukan kegiatan bersama dan rasa bosan hilang dengan sendirinya.

Seperti datanglah atau pergi ke tempat-tempat kajian ilmu positif. Kalau berteman dengan orang-orang positif minimal bisa tertular energi positifnya.

Setelah membooster kita tidak sendirian dan mencoba bersosialisasi, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan hal-hal yang menyenangkan atau melakukan hobi yang sudah lama terlupakan.

Cobalah mencuri-curi waktu agar kita bisa melakukan hobi atau melakukan hal-hal yang menyenangkan. Kalau saya senang bila minum coklat hangat tanpa ada gangguan dari anak-anak. Maka saat anak-anak bobo siang boleh lah kita ambil sebentar untuk 'me time'.

Boleh juga kok minta tolong suami agar menjaga buah hati sebentar. Sementara kita merasakan nikmatnya lama-lama di kamar mandi. Merasakan lagi luluran waktu mandi, nyanyi-nyanyi di kamar mandi, atau hal-hal lain yang menyenangkan.

Kalau belum bisa melakukan hobi. Bisa juga melakukan hal ini. Tidur atau hibernasi.

Cobalah untuk tidur yang cukup apabila kita jenuh atau bosan. Apalagi buat yang merasa rutinitas sehari-hari bosan hal ini bisa jadi obat ampuh mengapa? Bisa jadi kualitas tidur kita tidak nyenyak jadi berapa lama kita tidur tetap tidak enak. Tapi yang penting meningkatkan kualitas tidur jadi mencari hal-hal yang membuat kita rileks sebelum tidur.

Seperti mendengarkan musik sebelum tidur, membaca bacaan ringan, dan minum susu sebelum tidur. Jadi kita bangun hal-hal menyenangkan agar kualitas tidur kita jadi meningkat. Jadi tidur atau hibernasi kita bisa berhasil dan membuat mood kita menjadi lebih baik.

Kalau ternyata tidur justru malah bosan kita meningkat boleh loh kalau jalan-jalan.

Menurut psikologi, jalan-jalan atau refreshing haruslah dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki kegiatan yang padat dan menjenuhkan. Dengan porsi 30% dalam hidup seseorang dalam satu bulan ia harus menghabiskan waktu untuk bisa berjalan-jalan dan juga menyegarkan pikiran (sumber referensi dari : dosenpsikologi.com).

Jalan-jalan tidak mesti harus keluar kota atau negeri loh. Cukup semisal kita olahraga ringan di sore hari di taman lingkungan rumah juga sudah cukup membuat kita punya kegiatan baru dan membuat mood lebih baik.

Boleh juga sekali-kali makan di restoran atau ke bioskop. Karena melihat jalan dan melihat suasana selain rumah bisa jadi membuat kita lebih baik.

Setelah jalan-jalan dan ada rasa positif baru segera buat rencana baru. Aturlah waktu yang lebih fleksibel dan baik lagi agar bila nanti rasa jenuh kembali melanda kita sudah bisa mengatasi dengan lebih baik.

Yang terakhir menurut saya yang paling penting adalah tetap mengingat bahwa Allah Subhanahu wata'alla tempat mengadu paling pas.

Dengan kita tetap mengingat Sang Maha Pencipta, maka kita tidak lupa untuk bersyukur dan selalu menerima ketetapanNya. Karena kita selalu percaya kalau pertolongan Allah akan datang disaat yang tepat.

Demikianlah tips agar bisa bersahabat dan mengatasi rasa bosan atau jenuh. Semoga bisa bermanfaat untuk sahabat ya.
lithaetr
lithaetr Seorang IRT yang ingin berbagi sepenggal kenangan dan kisah berharganya, agar dapat menjadi pelajaran dan manfaat bagi sesama. Saat ini masih terus belajar menjadi penulis dan pemerhati anak. Jika ingin mengajak penulis bekerjasama silakan saja hubungi via email ke lithaetr@gmail.com atau ke WhatsApp http://wa.me/628161977335.

No comments for "Bosan, Siapa Takut"

Berlangganan via Email