Widget HTML Atas

loading...

5 Manfaat Membaca Pada Anak

manfaat membaca
5 Manfaat Membaca Pada Anak

Assalamualaikum sahabat lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).


Setelah mengenal sosok idola, pertanyaan berikutnya, bagaimana agar anak-anak menjadi lebih akrab dengan sosok tersebut? Salah satunya dengan diajak membaca kisahnya. Kalau buat anak-anak yang masih belum bisa membaca bagaimana? Yuk, mari kita kenalan dulu dengan kegiatan yang namanya membaca ini.


Sudah sempat disinggung sebelumnya kalau membaca adalah aktivitas wajib bagi manusia, sebab membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Tanpa membaca manusia akan buta segalanya. Baik buta pengalaman maupun informasi. Selain itu, membaca juga akan membuat kita lebih bahagia, karena kita menjadi lebih pintar dan berwawasan luas. Bagi pembaca sejati, bacaan sudah menjadi dasar pemikirannya sehari-hari.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati).


Sementara penulis buku 'Terampil Membaca', Y. Budi Artati berpendapat, membaca adalah proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh pesan. Pesan tersebut dapat berupa media kata-kata. Proses tersebut menuntut agar kelompok kata dapat diketahui maknanya. Jika hal ini tidak terpenuhi, maka pesan tidak dapat dipahami. Oleh karena itu, proses membaca tidak dapat terlaksana, jika kita belum memahami apa yang kita baca.


Lalu bagaimana membuat si kecil jadi suka membaca? Orang tua perlu memberikan pengalaman pra membaca anak dengan menyenangkan. Salah satu caranya adalah dengan berkisah.


Seberapa efektif sih, berkisah bagi tahapan pra membaca anak-anak? Yuk, baca terus ulasannya di sini.

Menurut Bunda Susan, penulis buku 'Biblioterapi untuk Pengasuhan Membangun Karakter Anak dengan Kisah', Allah pun berkisah. Betapa Allah tahu kapasitas kita sebagai manusia. Sulit menerima nasihat, tapi mudah belajar dari kisah. Alquran, menjadi rekaman nasihat Illahi yang sungguh sastrawi. Inilah beberapa bukti dalam Alquran, surah Maryam, kalau Allah itu berkisah,


Dalam surah Maryam ayat 16, "Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Alquran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur."


Lalu, masih dalam surah Maryam ayat 41, "Ceritakanlah (hai Muhammad) kisah Ibrahim di dalam Al kitab (Al Quran)
ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan lagi seorang
Nabi."


Kemudian, surah Maryam ayat 51, "Dan ceritakanlah (Hai Muhammad kepada mereka), kisah Musa di dalam Al Kitab (Alquran) ini. Sesungguhnya ia adalah seorang yang dipilih dan seorang rasul dan nabi."


Bunda Susan menyampaikan, Allah berkisah melalui Alquran tentang banyak hal, seperti kebangkitan masyarakat, kehancuran suatu kaum, perlawanan terhadap penguasa besar yang zalim, keluarga teladan, tentang kiamat, surga dan neraka, dan lain sebagainya. Itu artinya, pembentukan akhlak bisa dilakukan melalui kisah.


Tentu saja pengenalan pra membaca ini bisa diberikan sejak masih bayi. Memanfaatkan waktu luang atau kosong untuk membaca akan lebih bermanfaat. Sebenarnya apa sih, manfaat membaca bagi anak-anak? 


1] Merangsang sel-sel dalam otak

merangsang sel otak
Proses berpikir merangsang sel-sel otak

Membaca merupakan proses berpikir kreatif dan positif. Dengan membaca, kita bisa menyerap berbagai ide, ilmu, dan pengalaman orang lain. Proses berpikir tersebutlah yang akan merangsang sel-sel dalam otak untuk bertumbuh. Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa, cerdas atau tidaknya seseorang tergantung pada volume otaknya. Kalau semakin besar volume otaknya, maka ia akan semakin pandai.


2] Mampu menciptakan hal baru

hal baru
Bereksperimen dengan hal-hal baru

Dengan membaca kita akan memperoleh wawasan yang luas. Biasanya setelah membaca, kita akan ada ketertarikan untuk mencoba membuat hal-hal baru. 


3] Menabung perbendaharaan kata

menabung
Menabung kata

Bagi anak-anak, membaca dengan berkisah, bisa menjadi salah satu cara untuk menabung perbendaharaan katanya. Biasanya seseorang yang lancar berkomunikasi, baik lisan maupun dengan tulisan, karena seseorang tersebut suka membaca. Dengan membaca kita akan menyerap banyak kosakata dan pengetahuan bahasa. Jadi, bagi anak-anak membaca akan sangat baik dalam menabung perbendaharaan katanya.


4] Bisa mengekspresikan pikiran lewat kata-kata

ekspresi lewat kata
Mengekspresikan pikiran lewat kata

Mengapa, lebih banyak orang yang lebih baik berbicara daripada menulis dalam menyampaikan pemikirannya? Hal itu dikarenakan kurangnya membaca. Semakin banyak membaca, maka akan semakin mempengaruhi kualitas tulisan seseorang.


5] Selalu melakukan hal yang bermanfaat

hal yang bermanfaat
Melakukan hal yang bermanfaat

Bila kita suka membaca, maka saat waktu luang kita akan memilih untuk membaca. Oleh karena itu, waktu luang tersebut tidak sia-sia, karena kita isi dengan menambah wawasan. Jadi, membaca selalu membuat kita melakukan hal yang bermanfaat.


Itulah 5 manfaat membaca bagi anak. Bagaimana sudah siap untuk menghabiskan waktu membersamai anak-anak dengan membaca? Silakan berikan tanggapannya ya, sahabat. Terima kasih.
trlitha11 (lithaetr)
trlitha11 (lithaetr) Hai, saya IRT yang hobinya nulis dan senang berbagi ilmu. Ingin mengajak saya bekerjasama, silakan kirimkan saja email ke trlitha11@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

9 comments for "5 Manfaat Membaca Pada Anak"

  1. Alhamdulillah kedua anakku gemar membaca. Bener banget deh, begitu banyak manfaat membaca. Makanya jadi perintah pertama yg turun dari Al Quran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iqra. Makna yang sangat dalam ya, mbak. Semoga selalu di mampukan dalam membimbing anak-anak ya, mba 😊❤

      Delete
  2. Luar biasa Mak, mengingatkanku pada zaman anak anak balita dulu kereen artikelnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun selalu belajar dari ummi aleeya. Yang selalu keren dan menginspirasi. Terima kasih sudah berkenan berkunjung ke blog sederhana saya

      Delete
  3. Setuju. Banyak baca byk perbendaharaan kata yg kita kuasai. Apalagi utk anak anak yg masih kecil, sejak dini perlu diedukasi dg membaca agar mrk kenal byk kata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, betul. Oleh karena itu, saya pun juga terus belajar agar bisa menanamkan cinta membaca buat anak-anak. Semoga kita dimudahkan dalam mendidik dan mendampingi anak-anak ya, mba, aamiin

      Delete
  4. Waah tyt membaca memiliki segudang manfaat ya bagi perkembangan otak anak. Terima kasih sharingnya mba

    ReplyDelete
  5. tulisan yang menarik.. Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali audah berkunjung ke blog sederhana saya

      Delete

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏

Berlangganan via Email