Widget HTML Atas

loading...

Siapakah Muhammad Saw?

Muhammad
Siapakah Muhammad Saw?

Assalamualaikum sahabat lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

"Bun, Nabi Muhammad itu siapa, sih? Apakah benar dia orang yang pasti masuk surga?" tanya putri sulung saya.


Mendengar pertanyaannya langsung membuat saya berpikir keras. Saya tahu mengapa ia bertanya demikian, karena tema yang dia dapat di sekolah adalah tentang keteladanan. Sudah pasti, sekolah menceritakan tentang sosok Rasulullah atau Nabi Muhammad Saw. Pertanyaan yang terlontar dari anak-anak suka bikin deg-degan dan terkadang lebih sulit dari soal ujian akhir sekolah.


Karena pertanyaan yang terkadang suka di luar dugaan itu, membuat saya dan suami memutuskan membeli atau meminjam buku-buku literasi atau pengetahuan, demi menunjang pengaliran pengetahuan kami ke anak-anak. Pastinya, disesuaikan dengan tema-tema yang pembelajaran dari sekolah. Nah, saat mendapatkan tema keteladanan, kami pun kembali belajar tentang sosok manusia paling mulia, yaitu Muhammad Saw.


Mau sama-sama mengenal sosok mulia tersebut? Tetap ikutin terus penuturannya di sini, ya.

1] Sosok teladan bagi seluruh manusia


Siapakah yang tidak mengenal sosok Nabi Muhammad Saw? Beliau adalah Nabi dan Rasul terakhir yang diutus oleh Allah Swt. untuk menjadi contoh atau panutan bagi seluruh umat manusia. Baik orang muslim maupun non-muslim mengakui kalau Nabi Muhammad adalah manusia yang baik akhlaknya dan pemimpin umat yang terbaik, sehingga wajib dijadikan sebagai contoh atau panutan. Bahkan di dalam Al-Quran pun sudah dituliskan kalau Rasulullah Saw. adalah suri teladan terbaik bagi kita.


Allah berfirman dalam Al-Quran surah Al-Ahzab ayat 21, “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”


Itu firman Allah yang wajib kita jadikan pegangan sebagai orang tua untuk belajar dari sosok paling mulia, yaitu Muhammad Saw. Kepribadian Islam beliau yang begitu sempurna mampu membuat orang-orang non-muslim pun kagum padanya. Berikut ini ada sebuah kutipan kekaguman dari orang non-muslim kepada Rasulullah Saw.,
Seorang Arkeolog dan Cendikiawan asal Inggris, David George Hogarth mengatakan, “Tindak-tanduk kesehariannya, yang serius atau yang sepele, menjadi hukum yang ditaati dan ditiru secara sadar oleh jutaan orang masa kini. Manusia sempurna ini (Muhammad Saw) diteladani secara seksama.”


2] Manusia yang paling baik adabnya kepada manusia lainnya


Ajaran Muhammad Saw untuk saling hidup rukun dan toleransi dengan umat beragama lain pun mendapatkan pujian, seperti yang diungkapkan seorang intelektual India, Pandit Gyanandra Dev Sharma Shastri berikut ini, “Mereka tidak bisa melihat bahwa satu-satunya senjata Muhammad adalah senjata kemurahan hati, petunjuk, persahabatan, kemauan untuk memaafkan senjata yang menaklukkan musuh-musuhnya dan membersihkan hati mereka. Senjata itu lebih tajam daripada pedang baja.”


Seorang penulis asal Amerika, Washington Irving mengatakan, “Dia (Muhammad) memperlakukan kawan dan orang asing, orang kaya dan orang miskin, orang kuat dan orang lemah, dengan cara yang adil. Dia dicintai oleh rakyat jelata karena dia menerima mereka dengan kebaikan hati dan mendengarkan keluhan-keluhan mereka. Ketika dia memiliki kekuasaan yang amat besar, ia tetap sederhana dalam sikap dan penampilannya, sama seperti ketika dia dalam keadaan sengsara.”


Bahkan penulis buku ‘The Genuine Islam’, Sir George Bernard Shaw berpendapat, “Jika ada agama yang berpeluang menguasai Inggris bahkan Eropa beberapa ratus tahun dari sekarang, Islamlah agama tersebut.”


Pendapat Sir George Bernard Shaw terbukti benar adanya di zaman sekarang ini. Dirilis dari aceh.tribunnews.com (28/03/2018), pertumbuhan populasi umat Islam meningkat tajam di Eropa. Masjid-masjid makin banyak yang berdiri dan diramaikan oleh para jamaah. Perkembangan pesat juga terlihat jelas dikota-kota Inggris, termasuk ibu kotanya. Salah satu pengkhotbah Islam yang memimpin ‘Londonistan’ mengemukakan, “London lebih Islam daripada banyak negara muslim jika disatukan.” Pendapat tersebut membuktikan kalau ajaran yang dibawa oleh Muhammad Saw. memang bisa membawa perubahan positif bagi umat.


Melihat bukti dan pendapat para ahli di atas kalau Rasulullah Saw. memang menjadi contoh atau panutan bagi seluruh manusia. Penulis buku ‘Muhammad Saw.The Greatest Inspirator & Motivator’, Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec menjelaskan, tidak salah apabila dikatakan bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah inspirator dan motivator terhebat yang pernah ada. Akhlaknya yang mulia, pemikirannya yang cemerlang, sikapnya yang bijak, dan perilakunya yang konstruktif, mampu memberikan dampak pada peningkatan kualitas pribadi dan pencerahan bagi kehidupan umat manusia hingga kini.


Catatan kesuksesannya yang beragam dalam segala spektrum kehidupan begitu mengagumkan. Kesuksesan Muhammad Saw. multidimensi, baik dalam hal pengembangan diri, bisnis dan kewirausahaan, keluarga, dakwah, sosial-politik, pendidikan, pengembangan hukum, dan militer. Semua kesuksesan tersebut tentu tidak terlepas dengan kenabian dan kerasulan-Nya yang istimewa, serta keunggulan-keunggulan karakter yang beliau miliki.


3] Sosok pembelajar sejati


Walaupun Rasulullah Saw. sudah memiliki banyak kelebihan, beliau tetap merupakan pembelajar sejati dan guru besar peradaban dunia. Dalam hal belajar ini, beliau bisa belajar darimana saja selama hal itu membawa kebaikan, termasuk belajar dari pengalaman-pengalaman hidup. Beliau mengajarkan mulianya ilmu dan urgensi ilmu untuk mencapai kesuksesan dunia dan akhirat.


Dalam sebuah hadist, Rasulullah berkata, “Ilmu adalah warisan para nabi. Para nabi tidak mewariskan emas atau pun dirham, tetapi mewariskan ilmu. Barang siapa yang mengambilnya, maka ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR. Abu Dawud). Oleh karena iu, Rasulullah pun selalu memotivasi umatnya untuk terus menuntut ilmu. Hal tersebut terdapat dalam sebuah hadist populer berikut ini, Rasulullah bersabda, “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah).


Dari sabda-sabda beliau yang begitu memotivasi dan menginpirasi tidak heran jika banyak orang yang berbondong-bondong ingin belajar, mengkaji, dan bagi non-muslim akhirnya memutuskan untuk memeluk agama Islam. Sebab Nabi Muhammad berdakwah dengan mengajak manusia menempuh jalan hidayah atau jalan yang lurus. Beliau mengajarkan manusia untuk memikirkan makna dan tujuan hidup, apa yang harus dilakukan dalam kehidupan ini, serta apa yang akan dibawa setelah kehidupan di dunia ini berakhir.


Dari penjelasan-penjelasan di atas dapat disimpulkan kalau Nabi Muhammad Saw. tidak cuma fasih menyampaikan ajaran agama Islam tentang nilai-nilai yang membentuk manusia berkualitas terbaik. Tapi beliau benar-benar mampu dan terbukti dapat mencontohkan, mempraktekan, dan meneladankannya atau menginspirasi secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tidak perlu ada keraguan lagi untuk kita belajar dari sosok mulia ini, khususnya mempelajari tumbuh kembangnya, agar memiliki kepribadian Islam yang mengagumkan.


Sementara, penjelasan saya ke anak-anak tentang siapakah Muhammad Saw. tentu saja lebih sederhana, yaitu dengan membacakan cerita sirah beliau. Mengapa membaca itu penting dan tumbuh kembang, apa saja yang perlu kita pelajari dari Rasulullah? Tetap simak lanjutannya di sini di blog talitha-rahma.com
trlitha11 (lithaetr)
trlitha11 (lithaetr) Hai, saya IRT yang hobinya nulis dan senang berbagi ilmu. Ingin mengajak saya bekerjasama, silakan kirimkan saja email ke trlitha11@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

34 comments for "Siapakah Muhammad Saw?"

  1. Pengetahuan ini pas banget kita ajarkan pada anak2 kita agar lebih mengenal Nabinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, menerapkan ke anak sosok idola ini mesti dengan yang luar biasa. Biar mereka wow

      Delete
  2. Pas.. Sangat membantu jika suatu saat bungsu saya punya pertanyaan yang sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkenan mampir ya, Bun. Saya pun masih banyak belajar dari si sulung karena pertanyaan-pertanyaan wow nya

      Delete
  3. Kagum bener2 sama Muhammad SAW, junjungan dan Rasul kita ya... sosok teladan, manusia yang paling baik akhlaknya dan sosok pembelajar sejati. Kita teladani teruss yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, dalam diri beliau sudah ada semua, cuma terkadang kita terus mencari pengecualian. Semoga kita semakin mengenal beliau, biar nanti beliau bisa kenal dengan kita juga ya, mbak. Aamiin

      Delete
  4. Hihi memang pertanyaan seorang anak kadang bikin bingung mau jelasin dr mana dlu ya mbak. Aku punya adik 1 yg masih kecil aja kewalahan kl nanya kritis bgt, huhu
    Untuk mbak pinter bercerita dan menyampaikan kisah nabi ke anak2 jd nggak pke bingung2 dlu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya masih sangat belajar mbak. Apalagi kalau pas saya enggak tahu mesti jawab apa. MasyaAllah saja harus banyak belajar jadinya 😊

      Delete
  5. Saya juga pernah ditanya gitu sama anak PAUD, anak bungsu. Dia baru belajar ttg Nabi Muhammad. Seru juga sih dengar pertanyaannya, jadi semangat menceritakan ttg Rosullullah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, betul jadi semakin semangat kitanya belajar dan bercerita tentang Rasulullah

      Delete
    2. Mbak, aku reply aja ya. Anakku yg bungsu itu makin senang mengenal Rasullullah, sekarang gantian dia yg nanyain Bundanya ttg Nabi Muhammad. Aku pura pura enggak tahu terus dia ceritain.

      Delete
    3. Aih, serunya 😊❤. Asyik ya Bun seperti itu. Ini kalau anak-anak sudah mulai nambah dengan surah yang berkaitan dengan kelahiran Muhammad dan peristiwa-peristiwa penting yang seru-seru

      Delete
  6. Sosok teladan kita semua. Beliau junjungan kita dan role model terbaik bagi kita dalam memperbaiki kualitas diri kita. makasih mbak sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasih juga karena telah berkenan berkunjung ke blog sederhana saya ❤

      Delete
  7. Sedini mungkin, anak-anak memang harus mengenal siapa nabinya, Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam. Hilyah juga suka banget kalau dibacakan cerita nabi, meski udah bisa baca tapi dia tetap suka dengar suara umminya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, suara paling mujarab sedunia itu ya, suara bundanya, hehehe. Jadi kangen sama almarhum mama 😔

      Delete
  8. Masyaallah kalau ditanya soal siapa Nabi Muhammad, jadi inget betapa mulianya beliau dengan sikap, ucapan, dan semua hal tentang dirinya jadi panutan dan rahmat bagi alam semesta. Anak memang harus dikenalkan sosok Nabi Muhammad sejak dini, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Bun. Malu rasanya saya ilmu saya masih kurang sangat. Jadilah saya belajar bersama anak-anak mengenal sosok beliau yang luar biasa.

      Delete
  9. Mbak, kok aku salfok ke blognya. Ini blog mbak litha yang lain?

    Sering BW ke blog mbak kok rasa-rasanya alamatnya bukan ini. 😅

    Tentang Nabi Muhammad nih, jujur ya, setelah saya baca sirah nabi, keinginan buat hijrah itu jadi semakin besar. Dorongan untuk terus mengkaji Islam dan mendakwahkannya juga jadi besar sekali. Memang tauladan sepanjang masa.

    Pinginnya sih, apa yang aku rasain juga bisa ada di anakku. Makanya, dari kecil sudah mulai dibacakan cerita tentang nabi-nabi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbakku, ini blog lain saya. Mau berusaha mengembangkan 2 blog nih, bismillah. Doakan biar lancar semua ya, mbak. Aamiin semoga keinginan dan cita-cita mba Lely, dikabulkan Allah Swt.

      Delete
  10. Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang sangat kita teladani. Suri tauladan seluruh umat. Semoga kita mampu menjadi umat yang terus menjalankan apa yang beliau sunnahkan. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin ya Rabbal'alamin. Semoga kita bisa dikenali oleh Rasulullah di hari akhir nanti.

      Delete
  11. Nabi Muhammad SAW contoh teladan bagi kita dalam segala hal, baik itu saat lagi senang maupun masa sedihnya beliau yg bisa menjadi masukan bagi kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita bisa dikenali oleh beliau di hari akhir nanti ya, mbak. Duh, malu rasanya karena ilmu saya masih sangat sedikit 😣

      Delete
  12. Menarik mbak, oh iya ada tidak buku buku recomendasi yang mudah dicerna anak untuk bisa mengenal nabi Muhamad SAW. umur dua dan tujuh tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih, enggak pakai buku khusus Bun. Saya ceritanya mulai dari yang sekiranya seru, Bun untuk anak-anak. Kayak kelahiran beliau ada tentara bergajah, terus tentang bagaimana beliau mengembalikan kambing, jadi saya masih loncat-loncat ceritanya. Yang penting mereka dapat kagum dulu ke Rasulullah, Bun.

      Delete
  13. Tiada teladan terbaik selain Rasulullah. Kalau baca kisah2 baginda nabi, auto mewek dan ngerasa diri gak ada apa2nya bgt sbg muslim 🥺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba. Sama. Saya merasa ilmu saya sangat kurang. Jadilah tulisan ini sekaligus menjadi pembelajaran bagi saya pribadi

      Delete
  14. Nabi Muhammad SAW memang panutan semua umat ciptaan-Nya. Beliau sangat penyayang, murah hati dan tidak membeda-bedakan status sosial. Terima kasih untuk tulisannya, semoga kita senatiasa mengikuti jejak Rosulallah SAW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin ya Rabbal'alamin. Semoga di hari akhir nanti kita bisa ikut barisan beliau ya, mbak 🥰

      Delete
  15. Sejatinya kita juga belajar dari anak ya. Pertanyaan spt itu membuat kita belajar lagi mengenali Nabi Muhammad Saw. Terima kasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak, saya semakin belajar dengan menemani anak-anak bertumbuh. Semakin merasa juga kalau saya perlu menambah pengetahuan soal agama dan lain-lain

      Delete
  16. Bicara tentang Muhammad kadi ingat buku pertama anak saya judulnya Muhammad Nabiku. Yah ada banyak hal yah yang bisa kita ajarkan pada anak ketika mengenalkan Rasulullaah shalallaahu alaihi wassalam pada mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah cukup banget, kebaikan yang bisa kita ambil dari sosok beliau. Tinggal bagaimana kebaikan tersebut bisa menjadi kepribadian di anak-anak, itulah yang menjadi PR besar kita bersama ☺

      Delete

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏

Berlangganan via Email