5 Amalan yang Bisa Menihilkan Dosa

5 Amalan yang Bisa Menihilkan Dosa

 

amalan yang menihilkan dosa


Ini Dia Kontennya,

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

 

Di tulisan ketiga bulan ini saya mau membahas tentang amalan-amalan rutin, ringan, dan sederhana yang ternyata bisa menihilkan dosa. Tulisan kali ini masih terkait dengan tantangan ‘Writober’ dari rumah belajar menulis (RBM) Ibu Profesional Jakarta (IP Jakarta).

Saya mau membahas tentang ini karena memang manusia tak pernah luput dari dosa, kesalahan, dan kekhilafan. Oleh karena itu, perlu rasanya kita mengetahui bagaimana caranya bisa menghilangkan atau mengurangi, bahkan kali saja bisa menihilkan dosa. Penasaran bagaimana caranya? Tetap ikutin saja pembahasannya di sini.

Apa itu amalan, nihil, menihilkan, dan dosa?

Sebelum saya membahas tentang amalan-amalan yang bisa menihilkan dosa, ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu apa itu amalan, nihil, menihilkan, dan dosa. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang daring, amalan artinya perbuatan (baik). Bisa juga diartikan perbuatan, bacaan yang harus dikerjakan dalam rangkaian ibadah, seperti dalam ibadah haji dan salat.

Kalau nihil itu artinya kosong sama sekali, tidak ada apa-apa hasilnya. Arti nihil berikutnya yaitu tidak ada yang tidak hadir: dalam daftar hadir untuk hari ini tertulis. Sementara menihilkan itu artinya menjadikan nihil; meniadakan.

Kemudian dosa artinya perbuatan yang melanggar hukum Tuhan atau agama. Arti dosa berikutnya, perbuatan salah (seperti terhadap orang tua, ada, negara).

Jika digabungkan maka arti amalan yang menihilkan dosa adalah perbuatan baik nan bisa meniadakan perbuatan yang melanggar hukum agama. Namun bisa juga kita perhalus dengan perbuatan baik yang bisa mengurangi dampak dari kesalahan-kesalahan yang sudah diperbuat.

 

Amalan yang bisa menihilkan dosa

Setelah mengetahui makna dari arti kata di atas, marilah kita bahas tentang amalan-amalan yang bisa menihilkan dosa. Inilah amalan-amalannya,

1. Salat Taubat

 

salat taubat menihilkan dosa

Bagi umat Islam, kita sudah mengetahui kalau Allah Swt., memiliki sifat Maha Pengampun. Oleh karena itu, sebesar apapun kesalahan yang pernah diperbuat, sebelum ajal datang menjemput, Allah Swt., masih akan menerima taubat dari para makhluknya, termasuk manusia.

Hal tersebut tertuang dalam Al-Qur’an surah Az Zumar ayat 53, artinya:

Katakanlah: ‘Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari Rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.’”

Apabila kita tahu berbuat dosa, segeralah untuk bertaubat. Janganlah kita merasa putus asa dan berdiam diri tidak memohon ampunan dari Allah Swt. Lebih baik bertaubatlah, sebelum terlambat.

 

2. Salat lima waktu


salat lima waktu mengurangi dosa

Amalan yang pertama kali dihisab adalah salat, sebab perbuatan ini adalah ibadah yang wajib dilakukan bagi umat muslim setiap hari. Kabar baiknya ibadah atau amalan yang kita lakukan setiap hari ini ternyata bisa menghapus dosa, lo.

Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah atau Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda kalau di antara salat lima waktu, hari Jumat dengan Jumat berikutnya, hingga Ramadhan dan Ramadhan selanjutnya ada waktu pengampunan dosa yang diberikan oleh Allah Swt., begini bunyi hadistnya,

“Antara salat yang lima waktu, antara Jumat yang satu dan Jumat berikutnya, antara Ramadhan yang satu dan Ramadhan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosanya, selama seseorang itu menjauhi dosa-dosa besar.”

 

3. Puasa

Selain salat, puasa juga salah satu amalan yang ada dalam rukun Islam. Oleh karena itu, puasa ini bisa mencegah manusia dalam melakukan perbuatan dosa. Selain itu, dengan berpuasa kita juga bisa mengurangi dosa-dosa yang telah kita perbuat. Bahkan ada puasa wajib maupun sunnah yang bisa menihilkan dosa kita.

Hal itu tertuang dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah Saw. bersabda, “Sesiapa berpuasa Ramadhan dengan iman dan ikhlas (mencari pahala karena Allah), maka diampunilah dosanya yang telah lalu.”

Itulah keistimewaan puasa di bulan Ramadhan. Akan tetapi, akan lebih baik kalau kita pun bisa juga berpuasa sunnah, seperti puasa daud, senin-kamis, dan lain-lain.

 

4. Berzikir

 

berzikir menghilangkan dosa

Amalan yang paling ringan dan bisa sering dilakukan, namun suka terlewat adalah berzikir, betul? Padahal amalan sederhana ini bisa menihilkan dosa, lo.

Hal tersebut terdapat dalam hadist riwayat Bukhari, Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang berkata Subhannallah Wa Bihamdihi (Maha Suci Allah dengan segala pujian bagi-Nya), sebanyak 100 kali, maka akan dihapus dosa-dosanya sekalipun sebanyak buih di lautan.”

 

5. Sedekah dan berbuat baik

 

sedekah menghapus dosa

Sebagai manusia yang beragama Islam, sebaiknya kita bisa rutin untuk melakukan perbuatan baik dan bersedekah. Mengapa? Sebab kedua amalan itu bisa mengurangi dosa-dosa kita.

Dalam hadist riwayat Tirmidzi, Rasulullah Saw. bersabda, “Iringilah perbuatan dosa dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu yang akan menghapusnya.”

Selain itu, dalam Al-Qur’an surah Hud ayat 114, Allah Swt. berfirman, “Dan laksanakanlah salat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu akan menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah).

Salah satu perbuatan baiknya yaitu sedekah. Dalam salah satu hadist riwayat Tirmidzi, Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa, sebagaimana air memadamkan api.”

Oleh karena itu, semakin banyak kita melakukan sedekah dan berbuat baik, maka kita pun akan semakin banyak menerima ganjaran baik juga. Sebab, janji Allah Swt. itu pasti, yang mana akan menjanjikan imbalan yang besar bagi orang-orang yang gemar bersedekah dan berbuat baik.

 

Itulah amalan-amalan yang bisa kita lakukan untuk menihilkan dosa-dosa kita. Bagaimana, amalan-amalan di atas tidak sulit untuk dilakukan, kan? Kira-kira sahabat Lithaetr, sudah melakukan yang mana saja? Silakan berikan tanggapannya. Terima kasih.

Talitha (Lithaetr)
Talitha (Lithaetr) Mantan wartawan dan asistant produser yang menjelma menjadi ibu rumah tangga. Saat ini sedang tekun menjadi penulis, trainer parenting, dan belajar design. Mau bekerjasama dengan saya silakan email ke talitha.1988@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

No comments for "5 Amalan yang Bisa Menihilkan Dosa"

Berlangganan via Email