Widget HTML Atas

loading...

7 Hobi yang Jadi Uang di Saat Pagebluk

7 Hobi yang Jadi Uang di Saat Pagebluk

 

hobi yang jadi uang

Table of Contents

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

 

Alhamdulillah blog ini terisi lagi. Di tulisan pertama ini, saya akan mencoba membahas tentang sesuatu yang hits atau sedang menjadi pembicaraan banyak orang, yaitu hobi yang jadi uang di saat pagebluk.

Weits, ngomongin soal duit, segar kan? Hehehe. Semenjak dunia terguncang dengan corona atau covid 19, persoalan tentang mencari tambahan pendapatan dari keahlian menjadi bahan yang ramai untuk diperbincangkan.

Oleh karena itu, saya pun mencoba membahas tentang hobi yang seketika popular sejak pagebluk terjadi. Apa sih, pagebluk dan hobi itu sebenarnya? Mau tahu? Terusin saja membacanya di sini, ya.

Apa itu pagebluk dan hobi?

Istilah pagebluk ini sebenarnya sebutan lama untuk wabah (penyakit) atau epidemi. Saat pandemi covid 19 menyebar luas, istilah pagebluk pun kembali terangkat.

Akan tetapi, bagi anak-anak kekinian masih asing dengan istilah pagebluk ini. Oleh karena itu, saya mencoba menginformasikan sebutan pagebluk itu sinonim dari wabah.

Sudah hampir 1 tahun pagebluk ini melanda Indonesia. Banyak orang yang terkena dampaknya, seperti kehilangan pekerjaan dan kekurangan pendapatan. Sehingga, sebagian orang mulai memutar otak untuk menambah penghasilan dari hobi.

Apakah hobi itu? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), hobi itu adalah kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, dan bukan pekerjaan utama. Namun, sejak perkembangan dunia teknologi semakin maju, makna kalau hobi itu bukan pekerjaan utama pun bergeser.

Ternyata, hobi juga bisa dijadikan sebagai pekerjaan yang menjanjikan jika ditekuni dengan serius. Apalagi di waktu pagebluk terjadi, terkadang hobi bisa menjadi penyelamat mendapatkan penghasilan.

Mungkin sahabat Lithaetr, sudah mengetahui kalau ada beberapa hobi yang mendadak popular sejak pagebluk terjadi. Namun, bagi yang belum tahu hobi apa saja yang menjadi tren di masa pagebluk, tetap simak terus di sini.

 

Hobi yang jadi uang di saat pagebluk

Saya teringat sebuah tulisan yang saya baca di media sosial. Di tulisan yang marak itu tertulis kalau pesan tersebut ditulis oleh presenter terkenal, Najwa Shihab.

Dalam tulisan tersebut terdapat satu pesan yang cocok sangat dengan pembahasan saya sekarang. Inti dari tulisan tersebut adalah,

 

“Generasi yang sedang duduk di bangku SMA saat ini adalah generasi yang berbeda. Kalian yang duduk di bangku SMP, SMA, atau kuliah di tahun 2010 ke atas, seharusnya sudah tidak bercita-cita menjadi PNS, pegawai bank atau pekerja di perusahaan besar. Akan tetapi generasi saat ini haruslah menjadi pekerja kreatif yang menciptakan lapangan pekerjaan. Sebab, generasi masa kini adalah warga negara yang tersambung ke seluruh dunia.”

 

Bagi kita yang besar di tahun 80-an hingga 90-an pasti hapal betul, kalau orang tua kita akan memilih profesi sebagai dokter, pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara, insinyur, dan pekerjaan-pekerjaan mapan lainnya. Kalau ada yang ingin berprofesi sebagai koki, juru tanaman, penjahit, atau pekerjaan yang banyak menyentuh bidang keahlian dan kreativitas, pasti akan dipandang sebelah mata.

Akhirnya, pekerjaan di bidang keahlian dan kreativitas dijadikan sebagai hobi semata. Namun, tahukah kita kalau sejak pagebluk atau pandemi melanda, hobi-hobi itulah yang mendadak popular, sehingga bisa memberikan penghasilan nan menjanjikan.

Inilah 7 hobi yang jadi uang di saat pagebluk melanda,

1. Menjahit

 

hobi yang menghasilkan

Begitu pemerintah menetapkan untuk menggunakan masker sebagai salah satu cara mencegah covid 19, produk yang bisa menutupi sebagian wajah ini pun mendadak langka. Seketika harga masker mendadak mahal, karena susah dicari.

Tiba-tiba solusi datang dari sebuah hobi menjahit. Apabila kita bisa menjahit, ternyata bisa membuat masker sendiri, lo. Di saat masker kain diperbolehkan sebagai solusi karena kelangkaan masker kesehatan, seketika hobi ini bisa menghasilkan uang.

Buktinya banyak sekali masker kain lucu-lucu yang bisa gunakan sehari-hari. Ukurannya mulai dari yang bisa digunakan untuk anak-anak hingga dewasa.

 

2. Berkebun

 

hobi yang berpenghasilan

Baru saja saya mengetahui kalau saat ini harga tanaman hias sedang melonjak. Kabar ini saya temukan dari menyimak obrolan di sebuah grup Whatsapp (WAG). Salah seorang rekan saya di WAG itu ingin membeli tanaman hias, namun harus mempertimbangkan harganya, karena harganya lagi mahal.

Dari obrolan itulah, kemudian saya mencoba mencari tahu tentang harga tanaman hias dan ternyata benar, kalau harganya baru naik. Alasan itulah yang membuat saya menuliskan kalau hobi berkebun menjadi pekerjaan menguntungkan di masa pagebluk.

 

Baca juga,

3 Bahaya Jika Anak Kecanduan Gadget

7 Tips Belajar Membaca bagi Balita

7 Profesi Kekinian yang diangkat di Record of Youth

 

3. Memasak

 

hobi yang menghasilkan

Memasak merupakan salah satu keahlian yang meningkat kemampuannya semenjak pandemi melanda. Mengapa? Sistem lockdown yang sempat diberlakukan membuat para ibu dipaksa untuk lebih bisa memasak.

Dikarenakan anak-anak dan suami lebih banyak di rumah, jadi kebutuhan untuk menyiapkan makanan pun juga seketika bertambah. Mulai dari menyiapkan makanan utama hingga camilan.

Itulah mengapa orang-orang yang memiliki hobi memasak bisa mengambil kesempatan untuk berbisnis. Bisa membuat cemilan sehat ataupun lauk sampingan bagi menu pendamping, makanan utama.

 

4. Membuat pernak pernik

 Saya juga menyimak di salah satu siaran televisi swasta, kalau pernak pernik dari bahan-bahan bekas mendadak popular. Ternyata bahan-bahan bekas tersebut diolah kembali menjadi suatu yang bisa bermanfaat, seperti pot, tempat pensil, keset, hiasan, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan bekas yang digunakan pun bisa bervariasi. Mulai dari keramik-keramik bekas, koran bekas, bungkus-bungkus sampah, dan lain sebagainya. Ternyata seru juga lo, kalau kita mengajarkan cara mengelola sampah kepada anak-anak.

 

5. Youtuber

 

hobi yang menjanjikan

Profesi kekinian yang satu ini memang sedang naik daun. Banyak artis yang sudah mulai alih profesi juga menjadi youtuber. Hal itu tentu saja karena ada pendapatan yang menjanjikan.

Sahabat lithaetr, berkeinginan untuk mencobanya?

 

6. Mendesain

 

hobi jadi pekerjaan

Selain youtuber, profesi yang sedang digandrungi dan menyebabkan polemik bagi desainer-desainer profesional. Maraknya aplikasi foto, desain gambar, desain foto, aplikasi menggambar, aplikasi membuat video sederhana, dan lain sebagainya, membuat hobi mendesain semakin menyenangkan bagi para pemula.

Saya termasuk orang yang gagap teknologi, dengan adanya beberapa aplikasi yang memudahkan saya bisa mengedit gambar dan foto, akhirnya membuat saya lebih bisa berkreasi dalam mendesain.

Itulah yang memicu para desainer profesional meradang. Hal itu disebabkan karena pekerjaan menjadi desainer pun semakin diminati dan menjamur. Mengapa menjadi menjamur? Tentu saja karena hobi mendesain bisa meraup keuntungan.

 

7. Menulis

 

hobi yang jadi duit

Satu lagi profesi yang menurut saya tidak akan pernah ada matinya, yaitu menulis. Hobi menulis bisa menghasilkan penghasilan kini sudah lebih bisa dimudahkan. Banyak sekali platform atau wadah bagi para calon penulis, bila ingin mendapatkan uang dari hobi yang satu ini.

Alhamdulillah, saya pun sudah pernah menikmati mendapatkan penghasilan dari hobi menulis ini. Walaupun masih belum seberapa, tapi saya bersyukur dengan menulis banyak sekali manfaat yang dapat saya hasilkan.

 

Baca juga,

Berbagi kebaikan lewat buku

5 Tips Agar Konsisten Menulis

 

Pendapat Lithaetr terkait hobi yang jadi uang

Kalau saya pribadi berpendapat, apapun profesi yang kita jalani kalau menekuninya dengan serius, insyaallah hasilnya pasti akan positif.

Apalagi kalau kita menjalankan sesuatu yang menjadi kesukaan atau sesuai minat kita. Jikalau mendapatkan kesulitan, biasanya sih, kita akan tetap berbinar-binar menjalaninya.

Sebab sesulit apapun hambatannya, karena kita sudah mencintai bahkan menikmati hobi tersebut, insyaallah tetap membuat hati berdebar-debar ketika menjalankannya.

Itulah rasa yang saya rasakan ketika saya menulis. Walaupun lelah, insyaallah saya tetap merasa bahagia ketika melakukannya.

Masalah mendapatkan pendapatan itu bonus. Bagi saya sudah menulis dan diniatkan untuk berbagi, buat saya sudah menjadi kebahagiaan tersendiri.



Itulah pendapat saya dari 7 hobi yang jadi uang di saat pagebluk. Kira-kira sahabat Lithaetr, mau mencoba hobi yang mana? Silakan berikan tanggapannya di kolom yang tersedia. Terima kasih.

trlitha11 (lithaetr)
trlitha11 (lithaetr) Hai, saya IRT yang hobinya nulis dan senang berbagi ilmu. Ingin mengajak saya bekerjasama, silakan kirimkan saja email ke trlitha11@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

2 comments for "7 Hobi yang Jadi Uang di Saat Pagebluk"

  1. Daku.. lagi coba istiqomah untuk yg ke 6 dan ke 7, mudah2an bisa belajar yang ke 5 juga wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, keren mbakku. Saya masih berusaha untuk Istiqomah di satu kegiatan dulu, masih harus belajar bagi waktu lagi. Bismillah mau meningkat juga ke desain dan video editing, hehehehe

      Delete

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏

Berlangganan via Email