5 Tips Memilih Jasa Colocation Server yang Terpercaya dan Berpengalaman

 5 Tips Memilih Jasa Colocation Server yang Terpercaya dan Berpengalaman

 

Jasa Colocation Server



Ini dia kontennya,


Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Bisnis di bidang teknologi informasi (IT) sedang diminati. Jika kita ingin website bisnis yang kita miliki berkembang pesat dan tetap bisa menghemat biaya pengeluaran untuk perawatan data center-nya, maka cobalah menggunakan colocation server.

Mungkin bagi sahabat Lithaetr yang masih awam di dunia IT, pasti bingung apa sih colocation server ini. Buat kamu yang penasaran apa itu layanan colocation server, silakan tetap membaca di sini, ya.

Apa itu Colocation Server?

Colocation server merupakan pilihan terbaik jika kita ingin memiliki website bisnis yang berkembang pesat, namun murah dalam menghemat biaya pengeluaran perawatan data center-nya. Sebab, colocation server ini merupakan sebuah layanan dimana seseorang dapat menyimpan server pada data center milik orang lain atau penyedia layanan colocation server tersebut.

Dengan menggunakan layanan colocation server seperti ini, kita akan dapat menghemat biaya perawatan data center-nya, karena kita tidak perlu untuk membangun infrastruktur ruangan untuk data center. Selain itu, kita juga tidak membutuhkan seorang ahli IT dalam mengelola data center-nya.

Lalu, bagaimana sih, cara memilih jasa colocation server ini? Tenang, saya punya beberapa tips yang bisa dipakai ketika kita hendak memilih jasa colocation server.

 

Tips Memilih Jasa Colocation Server yang Terpercaya dan Berpengalaman

Buat sahabat yang hendak menggunakan layanan yang satu ini, maka kita dapat mencari keberadaan jasa colocation server lewat internet. Saat ini, menemukan keberadaan jasa tersebut tidaklah sulit. Terlebih lagi sejak hadirnya internet, yang mana kita memang dapat menemukan apa saja dengan mudah di sana.

Walaupun demikian, kita tetap tidak boleh sembarangan dalam memilih provider jasa layanan colocation server ini. Berikut ini, beberapa tips yang bisa saya berikan untuk sahabat, sebagai bahan pertimbangan dalam memilih keberadaan provider colocation server tersebut.

1. Lokasi

Hal pertama yang wajib untuk kita pertimbangkan adalah lokasi dari layanan tersebut. Dikarenakan semua data center memiliki sistem pendingin dan pengatur kelembaban, maka sangat direkomendasikan (recommended) buat ditaruh di lokasi yang sejuk.

Selain itu, lokasi dari layanan tersebut sebaiknya juga harus terhindar dari banjir, kerusuhan, hingga gempa bumi. Itulah mengapa, data center sepertinya memang kurang pas apabila ditaruh di tempat yang terlalu padat penduduk seperti Jakarta.

 

2. Keamanan

Selain lokasi dari data center itu sendiri, tingkat keamanan yang ditawarkan juga wajib menjadi bahan pertimbangan berikutnya. Tingkat keamanan dari data center tersebut pastinya. Jangan sampai ruang dari data server memberikan kemudahan bagi siapapun buat keluar masuk gedung dengan mudah.

Untuk itulah, cobalah memilih data center yang mana memiliki gedung sendiri dengan adanya sistem keamanan yang mendukung. Selain itu, pastikan apabila lokasinya juga terpantau oleh tim security.

 

3. Kinerja yang dimiliki baik

Tips dalam memilih jasa colocation server berikutnya adalah dengan melihat dari performa data center tersebut. Yang mana si provider jasa harus memiliki sistem pencegahan dan penanganan dari bencana seperti gempa bumi, kebakaran, dan lain sebagainya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena untuk mendukung ketersediaan layanan, sehingga dapat diakses dengan mudah. Tidak hanya itu saja, pastikan apabila colocation server yang kita pilih itu juga menawarkan layanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing klien.

Dengan begini maka sebuah perusahaan dapat menentukan sendiri apakah kebutuhan akan ruang penyimpanan mereka tersebut.

 

4. Cepat dalam implementasi

Pastikan juga apabila perusahaan layanan tersbeut juga menyediakan kecepatan implementasi yang baik. Seperti ketika membutuhkan ruangan rak tambahan dan kebutuhan yang lainnya.

Oleh sebab itu, sangat penting buat memilih jasa penyedia data center dimana memberikan kemudahan jika dihubungi dan memberikan jadwal yang jelas.

 

5. Tingkat konektivitas yang bagus

Salah satu hal yang berpengaruh besar ketika menggunakan jasa colocation server adalah kecepatan konektivitas yang dimilikinya. Koneksi yang tiba-tiba terputus tentu akan berpengaruh besar pada bisnis yang kita miliki, betul?

Itulah mengapa kita perlu memilih provider yang mampu menghubungkan seluruh perangkat yang terdapat pada data center. Selain itu, pastikan apabila jasa tersebut juga menawarkan adanya staf IT data center. Dengan begitu maka kita dapat menggunakan jasa itu sebagai sarana konsultasi yang baik.

Masih bingung juga memilih jasa colocation server? nexdatacenter.com merupakan pilihan yang terbaik untuk anda. Ini merupakan provider dengan reputasi yang bagus serta memiliki ahli IT yang akan membantu menangani setiap masalah anda.
trlitha11 (lithaetr)
trlitha11 (lithaetr) Hai, saya IRT yang hobinya nulis dan senang berbagi ilmu. Ingin mengajak saya bekerjasama, silakan kirimkan saja email ke trlitha11@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

32 comments for " 5 Tips Memilih Jasa Colocation Server yang Terpercaya dan Berpengalaman"

  1. Wah, sekarang jual online jadi lebih mudah ya? Kalau kayak gini terlihat lebih profesional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kakak. Kita bisa menyimpan data apa saja dengan menghubungi jasa Colocation Server. Sangat direkomendasikan untuk emak-emak seperti saya, yang ingin tahu beres saja.

      Delete
  2. Wajib banget menggunakan jasa colocation server kalau ingin membangun situs ya?

    Tipsnya informatif banget, jadi ingin tahu lebih banyak

    Terimakasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Colocation server ini lebih ke jasa untuk penyimpanan data-datanya kakak. Memang sebaiknya jika mau memiliki pendataan data dengan rapi, boleh banget web kita diawasi oleh jasa Colocation Server ini.

      Delete
  3. Iya, harus banget deh pilih yang terpecaya. Jangan sampai pada akhirnya malah jadi kitanya yang rugi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Sebab kalau soal data-data bahaya kalau diberikan pada orang yang salah.

      Delete
  4. Yang punya usaha dan jg memaksimalkan market digital penting banget menyimpan data-datanya di tempat yg aman, nexdatacenter ini bisa banget dijadikan pilihan. Makasih infonya, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Soalnya penting banget soal data-data itu. Apalagi kalau soal data customer, hehehehe.

      Delete
  5. Server bagus tentu penting yah untuk membangun website. Saya biasanya memang mempercayakan ke teman yang paham tentang server begini. Ini tips yang ada bisa nantinya diaplikasikan juga untuk memilih jasa colocation server nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Harus benar-benar diberikan kepada orang yang dipercaya. Terima kasih sudah berkenan mampir.

      Delete
  6. Senangnya sudah ada nexdatacnter yang jadi pilihan terbaik jasa colocation server dengan reputasi bagus dan ahli IT yang mumpuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, buat emak-emak seperti saya, mendingan menyerahkan pada ahli terpercaya.

      Delete
  7. Dengan memakai jasa colocation server ini, pihak perusahaan atau pelanggan yang menitipkan server nya jadi nggak perlu repot ya mengupgrade sistem server. Tinggal pilih jasa colocation server yang tepat aja. Tips dari mbak sudah sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Buat saya yang belum terlalu paham IT, jasa paket lengkap itu penting, hehehe.

      Delete
  8. Collation server ini bisa untuk skala kecil kayak UMKM gitu mba.. apa untuk perusahaan besar aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama UKM-nya memiliki traffic pengunjung ke website nya banyak, boleh banget menggunakan jasa Colocation Server ini untuk mengamankan daranya.

      Delete
  9. kalau punya usaha / bisnis bisa kali yaa pake jasa colocation server ? jadi data bisa tersimpan dengan aman .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, untuk mengamankan semua data yang penting, salah satunya data customer.

      Delete
  10. Ini penting banget diketahui apalagi buat yang masih awam dengan IT, agar dalam perawatan nya bisa lebih hemat dan data centernya tetap terjaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun setuju mbak. Buat saya, memberikan kepada ahlinya akan lebih aman, daripada memaksakan untuk paham IT, walaupun memang harus dipelajari secara umum juga.

      Delete
  11. wah informasi baru ni buat aku mbak...
    klo buat blogger, bisa g mbak pakai jasa colaboration server ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kalau sudah kelas Blogger profesional yang jam terbangnya sudah tinggi banget, boleh mbak menggunakan jasa ini. Soalnya buat mengamankan data seperti foto-fotonya ataupun data-data penting lainnya.

      Delete
  12. Jadi colocation server ama data center sebenarnya mirip aja ya Kak? hehe. Jadi mereka seperti penyedia layanan jasa server data gitu kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebihnya begitu mbak. Mereka menyediakan jasa untuk menaruh data-data penting di server yang aman.

      Delete
  13. Ini sepertinya sangat penting buat yang punya bisnis online ya Mbak. Makasih banyak infonya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, betul. Data-data customer, kemudian data-data invoice-nya. Pokoknya data-data penting bisa disimpan dengan aman.

      Delete
  14. Penting banget nih apalagi buat yang punya bisnis online, bakal mempermudah saat menyimpan data biar aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kakak. Mau data customer, calon customer, pembelian, barang dikirim, dan lain sebagainya akan lebih aman, kalau diletakkan di Colocation Server yang tepat.

      Delete
  15. Sejujurnya aku gak ngerti sama IT. Tapi aku tertarik juga sih.. nantilah aku pelajari dikit2, taoi masih banyak bingungnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama belajar kakak. Saya pun masih suka bingung kalau bicara soal IT ini kakak. Pokoknya kalau saya memilih serahkan pada ahlinya yang bisa jadi 1 sekalian, hehehe.

      Kayak jasa Colocation Server yang satu itu.

      Delete
  16. wah setuju sih kalau mau pake jasa colocation harus yang terpercaya. biar data2 juga aman ya dan diakses jg enak.
    Makasih infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kakak, soalnya kita memberikan data-data penting bisa juga berharga kepada jasa layanan Colocation Server. Jadilah harus Terpercaya menjadi faktor penting.

      Delete

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏

Berlangganan via Email