5 Game Online Edukasi untuk Anak Usia 2 Sampai 7 Tahun

5 Game Online Edukasi untuk Anak Usia 2 Sampai 7 Tahun

Ini Dia Kontennya,
game online edukasi


Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Sejak pandemi yang mengharuskan berkegiatan banyak dari rumah, saya harus memutar otak agar anak tetap berkegiatan positif walaupun tak bisa keluar rumah.

Kami sudah melakukan berbagai permainan asyik walaupun di rumah saja. Saat mulai kehabisan ide permainan, saya mulai mencari-cari cara agar anak-anak tidak bosan dan stres, akhirnya saya mencoba mengajak anak bermain game online.

Awal-awal saya ragu mau mengenalkan game online kepada anak-anak, makanya saya mencari tahu dulu permainan daring yang cocok untuk anak-anak seperti apa. Lalu, saya berjumpa dengan situs plays.org.

Plays.org ini adalah sebuah situs yang menawarkan ratusan permainan daring dan kita bisa memilih game online yang tepat bagi kita, khususnya untuk anak-anak berusia 2 sampai 7 tahun seperti anak-anak saya.

Penasaran game online edukasi yang tepat untuk anak usia 2 sampai 7 tahun itu seperti apa? Tetap ikutin terus penuturannya di sini, ya.

 

3 Manfaat Bermain Game Online Edukasi

Sebelum saya kasih tahu game online edukasi yang dimainkan oleh anak-anak saya yang berusia 2 sampai 7 tahun, saya mau mencoba memberitahukan sedikit manfaat dari bermain permainan daring edukasi ini,

1. Belajar Bahasa Inggris

Dikarenakan permainan di situs permainan plays.org menggunakan bahasa Inggris, buat saya hal tersebut bisa membuat anak-anak belaja berbahasa Inggris. Anak-anak bisa belajar bagaimana cara pengucapan dalam bahasa Inggris, kemudian mereka juga belajar istilah tentang jauh, dekat, besar, kecil, angka, huruf, dan mengikuti petunjuk menggunakan bahasa Inggris. Inilah manfaat pertama jika anak-anak bermain game online edukasi.

2. Tingkatkan Kecerdasan

Manfaat kedua dari bermain game online edukasi ternyata juga bisa meningkatkan kreativitas, lo. Dilansir dari pikiran rakyat.com (14/8/2020), menurut pendapat ahli mereka yang hobi bermain game mempunyai kecerdasan tinggi. Itulah mengapa akhirnya saya mencoba mendampingi anak-anak saya bermain game online edukasi.

3. Menghilangkan Stres

Sudah lama berkegiatan di rumah saja juga membuat anak-anak jenuh dan stres. Oleh karena itu, saya mencoba mengajak mereka untuk bermain game online edukasi, agar anak-anak juga bisa menghilangkan stresnya.

Itulah beberapa manfaat dari bermain game online edukasi, sekarang saatnya saya memberitahukan 5 permainan daring edukasi yang cocok buat anak usia 2 sampai 7 tahun.

 

5 Game Online Edukasi untuk Anak Usia 2 Sampai 7 Tahun

Sebelum membiarkan anak-anak bermain game online edukasi, saya mencari tahu lebih dulu permainan-permainan apa saja yang tepat untuk mereka mainkan. Sebenarnya ada banyak yang seru, cuma kali ini saya akan memberitahukan 5 dulu ya,

1. Daniel Tiger’s Neighborhood Hide and Seek

game online edukasi untuk anak 2 tahun

Daniel Tiger’s Neighborhood Hide and Seek ini adalah permainan petak umpet mencari keluarga harimau Daniel. Game online edukasi ini cocok banget untuk dimainkan anak-anak usia 2 tahun ke atas.

Waktu saya memainkannya bersama anak-anak, putri saya yang kecil sampai bilang ini permainan cilukba, karena setiap harimau yang berhasil ditemukan memberikan gerakan kejutan seperti cilukba.

 

2. Daniel Tiger’s Neighborhood Drive Trolley

game online edukasi untuk anak usia 4 tahun

Masih bermain bersama Daniel si harimau, setelah tadi bermain petak umpet, sekarang kita bermain tentang menyetir kereta. Di game online edukasi Daniel Tiger’s Neighborhood Drive Trolley anak-anak belajar tentang sarana transportasi kereta dan ciri-cirinya.

Pelajaran yang didapatkan adalah kereta berjalan di atas rel, hanya bisa berjalan lurus dan tidak bisa mundur. Kemudian kereta bisa berhenti di tempat-tempat pemberhentian yang sudah ditentukan sebelumnya. Game online edukasi ini cocoknya dimainkan untuk 4 tahun ke atas.

 

3. Sesame Street Big Bird and Snuffy’s Letter Dance Party

game online edukasi untuk anak pra sekolah

Bagi anak-anak yang besar di tahun 90-an, seperti saya, pasti tidak asing dengan Saseme Street. Salah satu program anak-anak yang isinya adalah boneka yang bisa berbicara dan dengan boneka itu kita belajar banyak hal.

Sekarang Sesame Street juga tampil lebih kekinian sehingga sudah ada animasi dan game online edukasinya. Saya senang bisa bermain Sesame Street bersama anak. Apalagi di Sesame Street Big Bird and Snuffy’s Letter Dance Party ini anak-anak bisa belajar tentang huruf dan warna, serta mengenal alat-alat musik. Game online edukasi ini, pas banget untuk anak-anak usia pra sekolah.

 

4. Dinosaur Train Dino Dive

game online edukasi untuk anak usia SD

Dinosaur Train Dino Dive ini cocok untuk usia SD atau usia 7 tahun, karena game online edukasi ini membuat anak-anak belajar tentang matematika. Mulai mengenal tentang angka, lalu besar dan kecil, kemudian volume, hingga tambah-tambahan. Putri sulung saya senang memainkan game online edukasi ini.

 

5. Dinosaur Train Pinecone Pass

game online edukasi untuk anak usia 7 tahun

Dinosaur Train Pinecone Pass ini adalah game online edukasi buat anak usia 7 tahun ke atas juga. Mengapa? Sebab, permainan ini seperti olahraga rugby tapi di game online edukasi ini dinosaurusnya melempar menggunakan biji pinus. Selain belajar tentang olahraga rugby, anak-anak juga belajar tentang jarak jauh dan dekat. Putri sulung saya juga senang dengan game online edukasi ini.

Sahabat Lithaetr penasaran enggak sama game online edukasinya seperti apa? Saya kasih lihat cuplikan video permainannya saja deh,

 


Itulah 5 game online edukasi untuk anak usia 2 sampai 7 tahun. Oh iya, perlu diperhatikan juga waktu screen time untuk anak-anaknya ya, sahabat. Kalau sahabat ingin mencoba permainan daring edukasi lainnya, silakan saja mampir ke plays.org, ya. Bagaimana seru kan, game online edukasinya? Silakan ditanggapi ya, sahabat. Terima kasih.

trlitha11 (lithaetr)
trlitha11 (lithaetr) Hai, saya IRT yang hobinya nulis dan senang berbagi ilmu. Ingin mengajak saya bekerjasama, silakan kirimkan saja email ke trlitha11@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

12 comments for "5 Game Online Edukasi untuk Anak Usia 2 Sampai 7 Tahun"

  1. Akhirnya nemu juga game online edukasi untuk anak usia 2-7 tahun... Mau saya tester dulu satu-satu... semoga bagus... Thank you admin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan kakak, permainannya sederhana tapi menarik dan mengedukasi menurut saya. Terima kasih sudah berkenan mampir, meninggalkan jejak, dan mau mencoba permainannya

      Delete
  2. informasi yang menarik, saya save dlu deh untuk suatu saat nnti.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan kakak. Kalau sudah senggang boleh lo, dicoba game online edukasinya

      Delete
  3. Cocok nih buat dimainin sama ponakan ku. Soalnya malah sering main game yang bukan tentang edukasi. Makasi kak infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kakak, boleh banget dicoba, tapi memang tetap harus didampingi, karena menggunakan bahasa Inggris.

      Delete
  4. wah gamesnya bagus dan edukatif tapi sayang hanya untuk usia max 7 tahun ya. Anakku sudah 9 tahun soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk usia 9 tahun, mungkin masih bisa memainkan yang dinosaur kakak. Sebab dinosaur ini permainan yang bisa untuk berpikir. Kalau kurang pilihan bisa kakak mampir ke plays.org di situs itu punya ratusan pilihan game lainnya

      Delete
  5. Pembahasan gamenya sangat lengkap. Wajib dibookmark ini. Nice artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kakak sudah memberikan tanggapan positifnya

      Delete
  6. Rekomendasinya bagus bagus banget nih, cocok untuk anak anak belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kakak untuk tanggapan positifnya

      Delete

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏