Widget HTML Atas

loading...

Perpusnas itu Rekreasi Edukasi Ramah Anak!

Assalamu'alaikum Sahabat Lithaetr,

Kalau liburan seperti ini, sahabat dan keluarga biasanya ngapain saja? Rekreasi atau di rumah saja? Kalau saya dan keluarga tipikal yang spontan saja. Maksudnya, kami jarang membuat rencana untuk bepergian, sebab kami baru pergi-pergi bila ingin saja (sebenarnya sih disesuaikan sama budget juga, hahaha). Intinya, kami suka memutuskan mendadak untuk pergi rekreasi atau jalan-jalan. Nah, kalau sudah mendadak seperti itu, biasanya kami akan mencari tempat rekreasi yang memiliki harga terjangkau, nyaman, dan ramah anak (maklum saya memiliki 2 balita dan 1 bayi) jadi, harus memerhatikan lokasi, agar anak-anak tetap enjoy saat beraktivitas. Selain itu, kami akan memilih lokasi yang letaknya tak begitu jauh dari rumah.
Gambar: Dok Pribadi
Salah satu tempat pilihan kami untuk berekreasi adalah Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan No.11. Mengapa sih kami memilih berekreasi di sini? Ada 5 alasan mengapa kami memilih Perpusnas sebagai tempat rekreasi. Mau tahu? Simak terus perjalanan kami, ya.

Rekreasi bersama anak-anak yang masih kecil itu pasti akan lebih rempong, betul? Apalagi memiliki anak yang tingkah polahnya luar biasa, sudah pasti harus memikirkan lokasi rekreasi yang memiliki ruang yang luas. Iyap, Perpusnas punya hal itu. Jadi, kalau si kecil mau lari-lari dulu biar tenaganya agak terkuras, sebelum mengajak mereka konsentrasi membaca, Perpusnas bisa mewujudkan hal itu. Itulah alasan pertama kami.

Kedua, Perpusnas punya diorama-diorama menarik dan edukatif, sehingga anak-anak tertarik untuk melihatnya. Salah satunya diorama bola dunia besar berikut ini,
Gambar: Dok Pribadi
Dari satu diorama ini saja, sudah bisa memberikan banyak cerita buat anak-anak ☺.

Ketiga, Perpusnas punya kantin dan mini market. Kalau semisal lupa atau tidak sempat bawa bekal serta cemilan buat anak-anak, tidak usah khawatir karena Perpusnas punya kantin dan mini market yang menyediakan hal-hal tersebut.

Keempat, ada ruangan khusus bagi anak-anak membaca dan mencari informasi.

Buku-bukunya sangat bervariasi dan pastinya digemari oleh anak-anak. Ini contohnya,

Gambar: Dok Pribadi
Gambar: Dok Pribadi

Selain buku, anak-anak juga bisa mencari informasi melalui komputer yang sudah diprogram dengan program edukasi bagi anak-anak. Bila ingin menggunakan komputer, para pengunjung harus memiliki kartu anggota perpustakaan nasional terlebih dahulu. Ini dia saat mainan komputer,
Gambar: Dok Pribadi

Gambar: Dok Pribadi
Dengan membaca, menonton program edukasi, dan berlari-lari di lapangan Perpusnas saja sudah bikin anak-anak betah seharian bermain. Oh iya, letak ruangan khusus membaca bagi anak-anak ada di lantai 7 ya, sahabat. Ada informasi menarik juga nih, buat yang punya bayi jangan khawatir deh, karena di ruang khusus membaca anak ini juga, ada ruangan laktasi yang cukup nyaman bagi ibu-ibu menyusui.

Kemudian yang kelima, ini merupakan poin penting juga.

Di Perpusnas sering mengadakan banyak kegiatan-kegiatan yang menarik seperti menonton film bersama, bedah buku, seminar, workshop, dan lain sebagainya, sehingga selalu menarik untuk terus berkunjung ke Perpusnas. Salah satu contoh acara yang kami datangi adalah Editor's Clinic yang diadakan tanggal 3-4 Agustus 2019, lalu.

Editor's Clinic ini adalah acara yang diadakan oleh penerbit besar Gramedia Grup. Mereka mengadakan seminar, bedah buku, bazar buku, sekaligus melakukan pencarian naskah-naskah kreatif bagi pemula hingga profesional. Acara ini keren abis. Walaupun saya tidak ikutan bawa naskah (semoga lain kali ada lagi, jadi bisa kasih naskah juga ☺) di kesempatan ini, namun saya dan keluarga tetap bisa bersenang-senang kok. Kami bahagia hanya dengan ikutan nempel komentar di Wall Comment dan beli buku di pasar buku.

Inilah bentuk keseruan kami,
Berpose di Wall Comment, Gambar: Dok Pribadi

Hasil ngubek di bazar buku. Gambar: Dok Pribadi
Yups, itulah 5 alasan mengapa kami memilih Perpusnas sebagai tempat rekreasi. Saya berpendapat kalau Perpusnas adalah tempat rekreasi edukasi yang ramah anak, jadi kalau mengajak bocilita ke sini, insya Allah mereka akan tetap happy. Oke deh, segitu dulu saja tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Selamat ulang tahun Indonesiaku, semoga saya dan para sahabat saya bisa menjadi orang yang membawa perubahan positif bagi sekitarnya, aamiin ☺❤. Saya tunggu komentarnya ya, sahabat, terima kasih.
lithaetr
lithaetr Seorang IRT yang ingin berbagi sepenggal kenangan dan kisah berharganya, agar dapat menjadi pelajaran dan manfaat bagi sesama. Saat ini masih terus belajar menjadi penulis dan pemerhati anak. Jika ingin mengajak penulis bekerjasama silakan saja hubungi via email ke lithaetr@gmail.com atau ke WhatsApp http://wa.me/628161977335.

6 comments for "Perpusnas itu Rekreasi Edukasi Ramah Anak!"

  1. Wah...seru dan mba hebat bisa bawa anak tiga masih piyik2 sendirian ke perpusnas. Ternyata lengkap yah disana. Kalo mau kesana dari Depok naik apa ya?

    ReplyDelete
  2. mengajarkan anak suak ke perpustakaan ya , hebat

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum mba @anisah, salam kenal. Alhamdulillah waktu main ke perpusnas kali ini bisa bersama ayahnya naik motor. Kalau dari depok bisa naik kereta mba nanti turun di stasiun gambir mba, trs naik busway dari gambir yang ke arah monas. turun deh di halte busway monas mba. Letak Perpusnas ada di depan parkiran mobil monas.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah mba @tira. Ini memang lagi memprogram anak-anak biar senang dan cinta baca, sama lagi mengurangi screen time anak-anak juga mba. Doakan biar bisa istiqomah ya, mba (n_n)

    ReplyDelete
  5. Saya memang suka banget ama perpustakaan. Perpusnas emang oke banget, apalagi bisa lihat monas dari lantai tertinggi. Keren banget. Jadi pengin ke sana lagi.

    ReplyDelete
  6. Iya mba @Dyah bener banget bisa lihat view monas dan ini kece banget. Yuk, kita ketemuan di perpusnas mba (n_n)

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏

Berlangganan via Email