Widget HTML Atas

loading...

Review Drakor Five Enough, Pernikahan itu Bukan Sekedar Tentang Kamu dan Aku, Tapi Kita

Review Drakor Five Enough, Pernikahan itu Bukan Sekedar Tentang Kamu dan Aku, Tapi Kita

 

Review Drakor Five Enough
Gambar soompi

Daftar Isi:
1. Sinopsis drakor Five Enough
2. Pelajaran hidup dari drakor Five Enough
3. Kejadian di drakor Five Enough sering terjadi di dunia nyata

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

 

MasyaAllah, sudah hampir sampai ke akhir bulan Juli saja dan ini merupakan tulisan pertama untuk blog Lithaetr. Hari ini mau membahas soal drakor yang mengangkat tema keluarga. Kenapa sih, saya merasa cocok dengan drakor yang mengangkat tema keluarga? Sebab banyak pelajaran hidup dan diantara kejadiannya sering ditemui di kehidupan sehari-hari, seperti drakor Five Enough atau Five Children atau Aiga Dasut.

 

Kenapa sih, drakor Five Enough ini menarik? Simak ulasannya di sini ya, sahabat.

Sinopsis Five Enough 

tokoh-tokoh drakor Five Enough
Gambar: forum soompi

Five Enough, bercerita tentang kehidupan 2 keluarga, yaitu Lee Sang Tae (Ahn Jae Wook) dan Ahn Min Jung (Soo Yoo Jin). Dua keluarga ini memiliki permasalahannya sendiri-sendiri, tapi ada 1 kesamaan diantara mereka, yaitu sama-sama menjadi orang tua tunggal.

 

Lee Sang Tae, seorang duda beranak 2 yang dekat sekali dengan mertuanya ini akhirnya setelah 2 tahun sepeninggal istrinya mencoba untuk tidak tinggal lagi di rumah mertuanya. Lee Sang Tae ingin berusaha hidup mandiri dan mendidik anak-anaknya sendiri, sehingga ia pun membeli sebuah apartemen sederhana dekat dengan kantornya.

Ahn Min Jung drakor five enough
Gambar forum soompi

Keluarga Ahn Min Jung drakor five enough
Gambar forum soompi
 

Sementara Ahn Mi Jung adalah seorang janda beranak tiga. Ia tinggal bersama ibunya, setelah bercerai dengan suaminya yang selingkuh dengan temannya. Namun, Ahn Mi Jung masih membohongi ketiga anaknya soal keberadaan ayah mereka. Selama 4 tahun, Ahn Mi Jung mengaku kepada ketiga anaknya, kalau sang ayah harus bekerja di luar negeri, sehingga berpisah hidupnya dengan mereka. Hal tersebut, guna menjaga psikologis anak-anak.

 

Padahal mantan suami Ahn Mi Jung, yang bernama Yoo In Chul (Kwon Oh Jung), tidaklah bekerja di luar negeri. Semenjak ia ketahuan selingkuh dengan temannya, Yoo In Chul dipecat dari pekerjaan dan membuka toko roti bersama istri baru beserta mertuanya. Demi menjaga kebohongan Ahn Mi Jung selama 4 tahun, mereka berdua masih berhubungan agar sang ayah tetap berkomunikasi dengan anak-anaknya.

 

Cerita ini bermula ketika Lee Sang Tae dan Ahn Mi Jung bertemu karena mereka berdua bekerja di sebuah perusahaan pakaian olahraga. Hubungan Lee Sang Tae dengan Ahn Mi Jung di dunia profesional adalah Manajer dan Asisten Manajer. Lalu, hubungan profesional ini berubah menjadi teman curhat karena sebuah kejadian yang tak disengaja, sehingga mereka berdua mengetahui kalau mereka sama-sama orang tua tunggal.

 

Kejadian yang tak disengaja tersebut adalah ketika Ahn Mi Jung pergi menemui mantan suaminya untuk meminta jatah uang untuk ketiga anaknya. Karena baru saja membuka toko roti, Yoo In Chul meminta keringanan untuk belum memberikan uang untuk anak-anaknya, Ahn Mi Jung yang merasa mantan suaminya selalu mendahulukan istri barunya, seketika emosi. Saat itulah, Lee Sang Tae yang ingin membeli roti karena toko rotinya berdekatan dengan apartemennya, melihat kejadian tersebut dan berakhir dengan wajahnya tak sengaja terkena tepung, yang dilemparkan oleh mertua Yoo In Chul untuk Ahn Mi Jung.

 

Karena kejadian itu, Lee Sang Tae pun mengetahui kalau Ahn Mi Jung adalah wanita yang istimewa dan tak terasa membuat jantungnya kembali merasakan cinta. Setelah menjadi teman curhat, Ahn Mi Jung juga mengetahui kalau Manajernya itu adalah lelaki ideal untuk menjadi figur ayah yang baik, dan dia pun mulai merasakan ada getaran tak biasa diantara mereka berdua.

 

Setelah mereka berdua menimbang banyak hal, akhirnya Lee Sang Tae dan Ahn Min Jung memutuskan untuk berkencan, tapi Ahn Min Jung meminta kalau hubungan tersebut dirahasiakan dari siapa pun, termasuk dari rekan di kantor dan keluarga. Lee Sang Tae, yang paham tentang hubungan Ahn Mi Jung dengan mantan suaminya, menyetujui hal tersebut.

 

Masalah muncul ketika anak pertama Ahn Mi Jung, mengetahui kalau ayahnya tidak bekerja di luar negeri dan memiliki toko roti di dekat rumah teman sekelasnya. Dia pun menyaksikan kalau ayahnya juga sedang bersama wanita lain. Kejadian tersebut, diketahui oleh Yoo In Chul, dan begitu hendak mengejar si sulung, ia sudah berlari. Yoo In Chul pun segera menelpon Ahn Min Jung. Saat ditelepon, ternyata Ahn Min Jung dan Lee Sang Tae sedang berkencan, jadilah mereka berdua dan Yoo In Chul mencari anak pertama Ahn Min Jung.

 

Setelah beberapa waktu, akhirnya si sulung ditemukan di area permainan anak-anak yang biasa ia datangi bersama Ahn Mi Jung dan ayahnya. Ahn Mi Jung melarang Yoo In Chul mendekati anak mereka. Ia meminta Yoo In Chul, agar dialah yang akan memberikan pengertian dahulu sebelum ayahnya yang akan menjelaskan apa yang terjadi sebenarnya.

 

Tentu saja, si sulung yang sudah duduk di kelas 5 SD itu merasa dibohongi oleh ibu dan ayahnya selama 4 tahun, dan dia marah akan hal tersebut. Ahn Min Jung meminta maaf untuk hal tersebut dan berusaha menenangkan anak lelakinya tersebut dan memintanya untuk sementara tetap menjaga rahasia tersebut dari kedua adik perempuannya. Walaupun sakit, si sulung paham maksud ibunya dan setuju tetap menjaga rahasia tersebut, hingga akhir bulan saja dan bilang saja kalau ayah dan ibunya mau bercerai karena ayah harus tinggal di luar negeri, sehingga ibu kesulitan sendirian, selama 4 tahun.

 

Ahn Min Jung pun setuju dengan saran yang diberikan puteranya. Ia pun menjelaskan hal tersebut ke Yoo In Chul. Mantan suaminya pun langsung setuju dengan saran yang diberikan si sulung. Tentu saja, karena kejadian tersebut si sulung belum ingin berjumpa dengan ayahnya, oleh karena itu Ahn Min Jung meminta pengertian Yoo In Chul untuk diberikan waktu.

 

sinopsis drakor five enough
Gambar: KBS World dokumentasi

Masalah semakin pelik, ketika Ahn Mi Jung dan Lee Sang Tae memutuskan untuk menikah. Masalah apa saja yang terjadi? Tentu saja, sahabat Lithaetr, harus nonton sendiri biar dapat feel-nya. Untuk ukuran drama Korea, Five Enough, termasuk panjang karena berjumlah 54 episode. Tapi sahabat, enggak bakal rugi lo, kalau mau nonton drakor ini, soalnya banyak pelajaran hidup yang bisa diambil.

 

Pelajaran Hidup, apa sajakah itu? Inilah pelajaran hidup dari drakor Five Enough,

 

1) Perceraian itu pasti menimbulkan luka

 

Perceraian itu sama saja perpisahan. Dalam setiap perpisahan pasti menimbulkan luka. Pelajaran inilah yang bisa kita dapatkan dari drakor Five Enough. Saat anak-anak Ahn Min Jung mengetahui kejadian sebenarnya, terutama si sulung yang sudah mulai paham tentang arti dari perceraian, sangat terluka. Ia sempat tidak mau menemui sang ayah, karena si sulung merasa Ahn Min Jung ibunya telah tersakiti.

 

Luka tidak hanya ditimbulkan bagi anak-anak, tapi pasangan yang bercerai pun menimbulkan luka. Baik itu karena cerai hidup ataupun cerai yang disebabkan kematian. Hal ini ditunjukkan di awal-awal episode, tentang betapa kehidupan Lee Sang Tae, yang terkesan hanya seperti zombi. Begitu pun dengan Ahn Min Jung, ia sempat trauma dan mati rasa terhadap laki-laki.

 

2) Pernikahan itu bukan lagi soal aku dan kamu, tapi kita

 

Jangan kira saat memutuskan menikah, bakal bahagia selamanya. Justru dalam pernikahan itulah kita akan belajar banyak hal tentang kehidupan. Dari pernikahan kita akan belajar mencari jalan tengah bersama-sama. Tidak akan pernah bisa menyatukan setiap perbedaan yang ada, yang bisa adalah mencari jalan tengah, agar tidak menyebabkan masalah besar.

 

Begitu menikah, sudah bukan lagi soal aku dan kamu, tapi kita. Maka di situ akan ada orang tua dariku dan orang tua darimu. Semua perlu dicarikan jalan tengah, agar semua pihak merasa tidak terlalu dirugikan. Memang benar tidak bisa menyenangkan semua pihak, tapi kita bisa memberikan yang terbaik agar sebagian besar merasa nyaman.

 

Apalagi bagi pasangan yang menikah untuk kedua kalinya. Sudah pasti masalah akan lebih kompleks, yaitu ada persoalan membuat anak-anak menerima pernikahan tersebut. Selain itu, bagi mantan mertua juga bisa menerima kalau saat ini mantan menantunya sudah memiliki mertua lain yang juga perlu dihormati. Sekali lagi, jalan tengah untuk meredam resiko besar terjadi, yang bisa dilakukan, dan bukan mencari cara agar semua senang.

 

Drakor Five Enough bisa memberikan kita jawaban dalam setiap persoalan-persoalan yang mungkin kita hadapi di pernikahan. Jadi, ditonton saja deh, enggak akan rugi.

 

3) Bahagiakan dirimu dulu, barulah kamu bisa membahagiakan orang lain

 

Saat menjadi orang tua, kadang kita lupa kalau sebenarnya kita-lah yang harus bahagia dulu, barulah kita bisa membahagiakan orang lain. Itulah yang terjadi pada kehidupan Lee Sang Tae dan Ahn Min Jung. Mereka berdua sempat selalu memikirkan orang-orang terdekat dulu yang bahagia, baru ia akan bahagia. Ternyata salah, semua orang terdekat merasakan kalau senyum mereka kosong dan dipaksakan.

Five Enough mengajarkan kalau kita perlu bahagia dulu, baru kita akan bisa membahagiakan orang lain. Setelah Lee Sang Tae berkencan dengan Ahn Min Jung, kedua anak Lee Sang Tae merasakan kalau ayahnya mulai kembali hangat kayak dahulu, sebelum ibu mereka meninggal. Padahal sebelumnya, anak-anak melihat kalau ayahnya, Lee Sang Tae, menjalani kehidupan sehari-harinya hanya seperti zombi.

 

Itulah 3 pesan kehidupan yang diajarkan dari drakor Five Enough. Dasar banget pesannya, tapi begitu mengena di hati, setuju?

 

Benarkah kejadian di drakor Five Enough, ada dalam kehidupan nyata?

 

Tanpa perlu bertanya, mungkin sahabat juga setuju kalau kejadian seperti di drakor Five Enough pasti ada di kehidupan nyata. Saya pun punya cerita yang hampir mirip seperti ini. Bagaimana perceraian menimbulkan banyak luka berkepanjangan. Tidak hanya bagi pasangan yang bercerai, tapi juga anak-anak, orang tua, mertua, dan keluarga besar.

 

Begitu juga ketika ada salah satu pihak yang memutuskan menikah lagi. Padahal komunikasi diantara pasangan yang bercerai belum baik, tapi sudah harus ada tambahan lagi dalam menjalin komunikasi, yaitu pasangan baru mantan pasangan. Hal tersebut tentu saja akan menambah luka bagi banyak pihak, bila tidak dapat mencari jalan tengah meredam bencana besar yang akan terjadi.

 

Jadi intinya, drakor Five Enough ini bisa banget ditonton bareng keluarga untuk bahan diskusi bagi kehidupan ini. Penasaran bagaimana sih, drakor ini? Simak dulu saja cuplikannya berikut ini,



Talitha (Lithaetr)
Talitha (Lithaetr) Mantan wartawan dan asistant produser yang menjelma menjadi ibu rumah tangga. Saat ini sedang tekun menjadi penulis, trainer parenting, dan belajar design. Mau bekerjasama dengan saya silakan email ke talitha.1988@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

2 comments for "Review Drakor Five Enough, Pernikahan itu Bukan Sekedar Tentang Kamu dan Aku, Tapi Kita"

  1. Ini drama lama kah, kak Lith?
    Unik yaa...drama mengenai keluarga itu selalu menarik hatiku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak lama-lama banget sih, kakak. Masih tahun 2010-an ke atas. Betul, drama keluarga itu selalu menyentuh hati, ea

      Delete

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏

Berlangganan via Email