Kenali 5 Tahapan Perbedaan Gender Sesuai Usia

Kenali 5 Tahapan Perbedaan Gender Sesuai Usia 

perbedaan gender


Ini Dia Kontennya,


Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Melanjutkan tugas bunda sayang (bunsay) zona 7 tentang Pendidikan Seks dan Seksualitas, tema pertama dari 10 topik yang akan dibahas adalah Pemahaman Perbedaan Gender.

Membuat anak-anak paham kalau laki-laki dan perempuan berbeda itu gampang gampang susah. Gampangnya bisa dilihat langsung dari bentuk tubuh yang sudah berbeda, namun susahnya adalah membentuk anak-anak paham bagaimana fitrah mereka agar sesuai dengan identitas gender mereka ini yang membutuhkan usaha terus menerus dan berkelanjutan.

Mau tahu lebih jauh tentang mengenalkan perbedaan gender ini kepada anak-anak sesuai tahapan usianya? Simak terus penjelasannya di sini.

Apa itu Gender dan Klasifikasinya

Sudah disebut di atas kalau tema pertama adalah membahas soal perbedaan gender. Sebenarnya apa sih, gender itu? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), gender itu adalah jenis kelamin. Jenis kelamin ini ada jantan atau betina, untuk manusia lebih dikenal dengan sebutan laki-laki dan perempuan atau pria dan wanita.

Gender ini bisa diklasifikasikan menjadi 3 kategori,

1. Gender Biology

Gender biology lebih dikenal sebagai jenis kelamin, yang terbagi menjadi jantan dan betina. Sebutan untuk manusia itu laki-laki dan perempuan atau pria dan wanita.

 

2. Gender Identity

Gender identity itu adalah identifikasi pribadi (perasaan psikologis) seseorang sebagai pria dan wanita. Untuk gender identity ini dibedakan menjadi 2 lagi, yaitu,

·       Gender identity normal atau perasaan psikologis seseorang sebagai pria dan wanita, yang sesuai dengan norma-norma yang ada seperti agama dan kemasyarakatan

·       Transgender atau gangguan identitas gender, sebuah keadaan dimana seorang pria atau wanita mengalami konflik perasaan psikologisnya terkait dengan identitas jenis kelaminnya. Seseorang tersebut merasa tidak nyaman dengan identitas sesuai jenis kelaminnya.

 

3. Gender Expression

Gender expression adalah karakteristik dan perilaku seseorang yang dapat dilihat oleh orang lain, seperti sisi maskulin, feminin, atau keduanya.

Sekilas sudah dapat kita ketahui kalau anak-anak harus memahami pentingnya perbedaan gender ini, mengapa?

 

Pentingnya Mengenalkan Gender pada Anak

Ada 8 hal yang membuat mengapa mengenalkan perbedaan gender kepada anak menjadi penting. Berikut ini adalah 8 hal mengapa penting mengenalkan gender pada anak,

pentingnya mengenalkan perbedaan gender

1. Anak mampu memahami identitas gendernya sendiri.

2. Agar anak mengetahui area-area pribadi tubuhnya yang tidak boleh dilihat dan disentuh oleh orang lain.

3. Paham peran dan tanggung jawab yang berbeda dari keduanya.

4. Agar orientasi seksualnya benar.

5. Tahu cara berinteraksi dengan lawan jenis, memahami perasaannya, bagaimana berperilaku, dan bersikap.

6. Agar bisa berempati pada lawan jenis dan pasangannya kelak; perempuan dapat memahami laki-laki dan sebaliknya, istri memahami suami dan sebaliknya.

7. Anak diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan, sehingga anak akan diterima di lingkungan sosial bahkan anak akan mudah untuk bersosialisasi.

8. Anak-anak yang tidak paham akan perbedaan gender pada saat dewasa berpeluang besar memiliki masalah sosial dan penyimpangan seksualitas. (Sumber dari hasil presentasi kelompok 1 bunsay zona 7: Aceh, Ambon, Bali, Balikpapan, Bangka Belitung).


Oleh karena itu, kita sebagai orang tua perlu mengenalkan pemahaman gender kepada anak sesuai tahapan usianya. Dari hasil diskusi kelompok 1 bunsay zona 7, ada beberapa tahapan yang perlu dilalui. Apa sajakah itu?

 

Kenali 5 Tahapan Perbedaan Gender Sesuai Usia

Terkait mengenalkan perbedaan gender sesuai dengan usia, biasanya perkembangan identitas gender ini sudah mulai muncul sejak anak berumur 2 tahun. Pada usia 2 tahun, anak-anak sudah mulai memiliki rasa ingin tahu tentang perbedaan fisik laki-laki dan perempuan.

Lalu, pada usia 4 tahun, kebanyakan anak-anak sudah menyadari dirinya laki-laki atau perempuan. Agar lebih jelas, inilah gambar yang berisi 5 tahapan perbedaan gender sesuai usia,


tahapan perbedaan gender sesuai usia

Sumber dari hasil presentasi kelompok 1 bunsay zona 7: Aceh, Ambon, Bali, Balikpapan, Bangka Belitung


Itulah tahapan-tahapan perbedaan gender sesuai usia. Mengetahui hal ini menjadi evaluasi bagi diri saya pribadi, baik sebagai individu maupun sebagai orang tua. Tentu saja untuk memperbaiki perasaan identitas sebagai pribadi, sekaligus menjadi teladan yang baik bagi anak dalam pembentukan identitas gendernya.
 

Yuk, ceritakan pengalaman sahabat Lithaetr, terkait pemahaman perbedaan gender ini di kolom komentar, agar dapat menjadi pembelajaran kita bersama. Terima kasih buat yang sudah mampir dan membaca tulisan sederhana ini, jangan bosan untuk terus berkunjung ke sini, ya.

trlitha11 (lithaetr)
trlitha11 (lithaetr) Hai, saya IRT yang hobinya nulis dan senang berbagi ilmu. Ingin mengajak saya bekerjasama, silakan kirimkan saja email ke trlitha11@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

No comments for "Kenali 5 Tahapan Perbedaan Gender Sesuai Usia"

Berlangganan via Email