Widget HTML Atas

loading...

Yuk, Berpetualang Ke Museum Maritim dan Cobain Nyetir Kapal Seru Deh!

Assalamu'alaikum Sahabat Lithaetr,

Apa kabar? Sebenarnya mau langsung nulis pengalaman ini kemarin-kemarin, cuma karena penulis sudah mulai cepat lelah (maklum sudah hamil trisemester ketiga) jadinya baru sempat sekarang deh. Hari ini penulis mau cerita tentang jalan-jalan kami di hari Minggu, 24 Maret 2019. Kami sekeluarga mencoba berpetualang ke Museum Maritim. Kira-kira sudah ada yang tahu tentang museum ini?
Gambar: Dok Pribadi (Bintang dan Pahlawanku)
Bagi yang sudah tahu tentang museum ini, silakan berikan komentarnya ya. Namun bagi yang belum silakan terusin baca pengalaman eksplorasi kami ya?
Museum maritim ini terletak di Tanjung Priok, Jl. Raya Pelabuhan No.9, Tanjung Priok, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14310. Museum ini bercerita tentang sejarah maritim di Indonesia, sejak zaman kerajaan, penjajahan, hingga Indonesia merdeka.
Gambar: Dok Pribadi (Aku, Bintang dan Pahlawanku)
Selain itu, kita juga akan mengetahui bagaimana sejarah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dan pelabuhan-pelabuhan yang dikelolanya seperti Pelabuhan Tanjung Priuk, Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Cirebon.

Kita dapat belajar tentang semua itu dengan melihat gambar, miniatur, diorama, dan video lo. Kalau mau nonton video sejarah tentang pelabuhan dan maritim Indonesia maka kita harus datang sebelum jam 11 atau jam 14. Karena di dua waktu itulah jadwal video tersebut diputar.
Gambar: Dok Pribadi (Miniatur Kapal)
Kami sekeluarga cukup menikmati petualangan kami di Museum Maritim ini, namun karena anak-anak masih kecil jadi mereka belum terlalu paham dengan apa yang disampaikan dan agak takut dengan beberapa diorama yang disajikan. Tetapi, mereka sangat senang sekali saat mencoba simulasi menyetir kapal yang ada di Museum Maritim ini,
Gambar: Dok Pribadi (Bintang dan Pahlawanku)
Anak-anak cukup menikmati bagaimana menjadi pelaut hehehe. Yuk, coba deh berkunjung, berpetulang, dan mencoba menyetir kapal di Museum Maritim ini. Selain itu, anak-anak juga bisa main di taman, di balkon yang mirip dek kapal. dan jalan-jalan di kaca yang bawahnya dibuat mirip air. Jadi dijamin senang dan puas deh main ke sini.
Gambar: Dok Pribadi (Bintang dan Pahlawanku)
Gambar: Dok Pribadi (Bintang dan Pahlawanku)
Gambar: Dok Pribadi (Bintang dan Pahlawanku)
Sebenarnya, museum ini belum diresmikan karena masih dalam tahap pengembangan dan rencananya akan diresmikan di Bulan Juni mendatang. Tapi walaupun masih dalam pengembangan dan penyempurnaan Museum Maritim ini sudah sangat menarik lo. Bagi sahabat yang di Jakarta cobain main ke sini yuk! Pasti seru (n_n).
lithaetr
lithaetr Seorang IRT yang ingin berbagi sepenggal kenangan dan kisah berharganya, agar dapat menjadi pelajaran dan manfaat bagi sesama. Saat ini masih terus belajar menjadi penulis dan pemerhati anak. Jika ingin mengajak penulis bekerjasama silakan saja hubungi via email ke lithaetr@gmail.com atau ke WhatsApp http://wa.me/628161977335.

28 comments for "Yuk, Berpetualang Ke Museum Maritim dan Cobain Nyetir Kapal Seru Deh!"

  1. kereenn. museum seperti ini memang harus dilestarikan. Di perbanyak jika perlu. Bahkan ke daerah2 lain jg. Agar anak tdk hanya mengenal mall sbg hiburan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mba. Seru banget emang nih museum. Semoga pas nanti banyak pengunjungnya bisa tetap terawat seperti sekarang aamiin ☺

      Delete
  2. Keren. Tapi jauh. Semoga bisa jadi percontohan penyelenggara wisata-wisata lokal untuk membuat wisata macam ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin ya Rabbal'alamin 😍... İya Bun biar tempat hiburan bisa semakin bervariasi lagi ☺

      Delete
  3. bagus ya buat edukasi buat anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bagus mba. Semoga ke depannya tetap ok dalam perawatannya

      Delete
  4. Serrruuuuu ya mbak main ke museum sekalian wisata edukasi untuk anak anak.. Bisa menjelajah isi kapan plus kemudinya sekalian.. Ga sabar pingin ajak Julio jalan jalan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. İya mba seru hehehehe... Kalau udah mulai jalan ajak saja mba ☺

      Delete
  5. Saya belum pernah ke sini. Tapi tertarik untuk mengunjunginya...kayaknya seruu ya😊. Semoga ada kesempatan ngajak anak2 ke sini ...wisata sekaligus edukasi kemaritiman😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. İya mba boleh dicoba soalnya asik hehehehe

      Delete
  6. Waahh kereeenn banget ini.
    Ada simulasi segala. Anak-anak bisa langsung belajar ya Mbak, keren deehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. İya bun simulasi nyetir kapal. Jadi mereka tahu deh di kapal itu cara mengemudikannya gimana

      Delete
  7. Wah keren Pelindo sekarang punya museum juga pengen juga nih Dateng kesana

    ReplyDelete
  8. Bumiiil, kamu tangguh masya Allah. Masih sempet aja jalan-jalan ke museum bawa dua bocil..hiks. Saya bisa nggak ya begitu? Sehat-sehat, ya, Mbak..semoga nanti persalinannya lancar...aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin ya Rabbal'alamin 😍... Kalau enggak jalan-jalan gini enggak olahraga Bun hahahaha 😂

      Delete
  9. Wahhh, boleh banget nih buat dicoba. Padahal deket rumah, tapi belum pernah cobain hehe. Menarik banget nih buat dicobaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Bun main mumpung masih sepi hehehehe

      Jadi masih bebas mengeksplorasi deh 😆

      Delete
  10. Saya belum tau museum ini mba..
    Smoga sehat ya mba utk kehamilannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin ya Rabbal'alamin 😍... Memang belum resmi di luncurkan mba. İnsyaallah baru Juni diresmikannya ☺

      Delete
  11. Seru ya liburan di Museum Maritim bersama keluarga. Bisa menjajal nyetir kapal selam. Pengalaman yang tak terlupa dan berkesan. Noted deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. İya mba tak terlupakan hehehehe... Anak-anak juga minta nagih lagi ini xixixixi

      Delete
  12. Wah, deket atuh di tnjg priok mah..cm naik bus jurusan sana aj.
    Oke lah next di jadwalkan ksana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip sip Bun... Nanti gantian ya sharing pengalaman ke museum maritim ini

      Delete
  13. Waah, sementara hamil besar dan masih sempet bawa anak2 jalan-jalan gitu. Keren deh mbak. Btw seru juga ya bawa si kecil ke musium, jadi jalan2nya sambil belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau enggak jalan-jalan gini kapan olahraganya saya Bun. Hehehe.

      İya Bun yang paling seru itu emang bermain sambil belajar ☺

      Delete
  14. Si kecil seneng banget nih. Apalagi pas SD nantinya kan diajari tentang VOC. Pengalaman bisa lihat kapal2 di jaman itu secara langsung, meski bukan aslinya 100%, pasti bakal terkenang dan lebih mudah serap pelajaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. İya Bun, seru banget kok di sini ☺

      Delete

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏

Berlangganan via Email