3 Game Asah Otak Cegah Pikun

3 Game Asah Otak Cegah Pikun

game asah otak

Ini Dia Kontennya,

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Saya kalau sedang banyak kegiatan atau mengerjakan kerjaan berbarengan dalam satu waktu, bila ada yang memecah konsentrasi tiba-tiba, saya suka lupa sedang atau mau melakukan apa. Adakah yang juga pernah mengalami hal serupa?

Kemudian karena hal tersebut, saya mencoba mencari tahu soal pikun. Salah satu kondisi yang sering dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut, tapi tidak menutup kemungkinan kalau di usia muda, kita bisa terkena pikun.

Dikarenakan rasa penasaran tersebut, saya melanjutkan pencarian tentang pikun. Ada yang penasaran juga seperti saya? Mari kita sama-sama menemukan jawabannya lewat tulisan pertama saya, di blog ini, yuk!

 

Apa itu pikun, penyebab, dan pencegahannya

Saya mencoba merangkum dari hasil penelusuran saya tentang pikun di sini ya, Sahabat Lithaetr. Sebagai awalan, kita perlu mengetahui apa itu pikun? Pikun ini adalah sebuah kondisi dimana seseorang kesulitan mengambil sebuah memori yang sudah tersimpan dalam otaknya.

Pikun bisa juga dikatakan sebuah kondisi ketika seseorang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengingat atau lupa dengan apa yang mereka lakukan sebelumnya. Dalam dunia medis, pikun seringkali dijadikan sebagai gejala penyakit dimensia dan alzheimer.

Dua penyakit tersebut, dimensia dan alzheimer, ini mengacu pada penurunan fungsi otak seperti menurunnya daya ingat dan kecepatan berpikir serta berperilaku. Akan tetapi, alzheimer bukan satu-satunya penyebab pikun atau mudah lupa.

Biasanya pikun yang dialami di usia muda itu disebabkan karena cedera kepala dan mengalami kondisi psikologis yang berat. Kondisi psikologi ini menjadi penyebab pikun, karena ketika emosi dan pikiran bermasalah, kinerja otak menjadi menurun. Itulah sebab mengapa kita akhirnya sering lupa atau pikun.

Selain itu, bisa juga penyebab kita menjadi sering lupa karena kurang tidur. Tak cukup tidur membuat kita sulit untuk berpikir jernih di esok hari. Disebabkan tidak dapat konsentrasi secara penuh, daya ingat kita jadi menumpul.

Kemudian tidur tak nyenyak juga bisa menjadi penyebab kita sering lupa. Tidur tidak nyenyak ini bisa saja disebabkan sleep apnea. Apakah itu? Sleep anea adalah gangguan tidur yang membuat napas berhenti sebentar di malam hari, sehingga membuat kita tidak tidur nyenyak.

Salah satu gejala sleep apnea yaitu mendengkur, karena bila kita ngorok bisa membatasi asupan oksigen ke otak. Terhambatnya aliran oksigen di otak bisa membuat fungsi otak terganggu, sehingga menyebabkan kita menjadi pikun atau mudah lupa.

Ada beberapa cara mencegah pikun salah satunya menjalankan hobi yang positif. Apa saja sih, hobi yang positif itu,

1. Membaca

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau membaca dapat meningkatkan konektivitas di korteks temporal kiri otak. Yang mana bagian otak tersebut berhubungan dengan penyerapan informasi.

Apabila kita sudah memiliki hobi membaca, berarti kita sudah merangsang pertumbuhan jalur saraf baru di otak untuk menyerap informasi baru. Selain itu, dengan membaca kita juga bisa melenturkan bagian-bagian otak yang berurusan dengan cara memecahkan masalah, melihat pola, dan kepekaan terhadap rasa yang disampaikan orang lain.

2. Olahraga

Olahraga bisa melancarkan peredaran darah menuju otak, sehingga bisa mencegah kepikunan. Durasi olahraga yang disarankan adalah 150 menit per pekan untuk olahraga ringan dan 75 menit per pekan untuk olahraga berat.

3. Bersosialisasi dan bermain musik

Menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih, dapat membuat otak terstimulasi dan memerangi hal-hal seperti stres serta depresi. Apalagi kalau kita juga bersinergi dengan pasangan, dalam pengasuhan dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Sementara bermain musik, bisa mencegah pikun karena mampu meningkatkan fungsi kognitif memori, pemecahan masalah, pemrosesan sekuensial, dan pengenalan pola. Bila bermain musik, ada efek neurologis yang dapat memengaruhi kecepatan otak dalam memproses informasi.

4. Mengkonsumsi makanan sehat

Salah satu hobi yang harus mulai dibangun yaitu mengkonsumsi makanan sehat. Tingkatkan konsumsi ikan, daging ayam, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Mengkonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung omega-3 juga dapat meningkatkan fungsi memori di otak.

5. Bermain game

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Leiden University di tahun 2012, bermain game, khususnya game asah otak, dapat mengembangkan sebuah sistem di otak yang bertugas untuk menyimpan dan memproses informasi.

Lalu, menurut hasil riset Charite di tahun 2013, bermain game dapat memperbaiki performa navigasi ruang, perencanaan strategis, dan performa motorik. Bahkan, jika kita bermain game selama 30 menit sehari, dapat meningkatkan bagian otak yang menjadi pusat syarat.

Namun perlu digaris bawahi bermain game yang dimaksud adalah game yang dapat membuat seseorang berfikir atau game asah otak dan game yang memecahkan masalah.

Itulah hobi positif yang bisa mencegah pikun. Nah, saya pun menjadi penasaran game-game asah otak apa sajakah yang bisa mencegah pikun? Saya menemukan jawabannya di situs solitaire.org.

 

3 Game asah otak cegah pikun

Saat saya mencari permainan game daring, saya menemukan situs solitaire.org yang membuat saya senang. Mengapa? Soalnya situs tersebut memiliki game-game lawas yang tetap seru dimainkan hingga kini.

Makanya saya juga suka karena saya menemukan lagi game asah otak yang bisa mencegah pikun di situs itu. Inilah beberapa game asah otak cegah pikun yang bisa kita mainkan lewat situs solitaire.org,

1. Daily Crossword Puzzle

game asah otak teka teki silang

Game asah otak yang cegah pikun pertama itu daily crossword puzzle atau lebih sering kita sebut dengan teka-teki silang. Seperti permainan teka-teki silang pada umumnya, kita diminta menjawab pertanyaan, di situs solitaire.org pertanyaannya dalam Bahasa Inggris, kemudian jawabannya disesuaikan dengan kotak-kotak jawaban yang sudah disediakan.

Kotak-kotak jawaban tersebut disediakan secara mendatar dan menurun. Sehingga pertanyaannya pun menggunakan angka-angka, nanti angka-angka pertanyaan itu akan dikelompokkan menjadi pertanyaan mendatar dan menurun.

Kita pun menjawabnya dimulai dari angka soalnya, kalau mendatar maka jawabnya ditulis dari kiri ke kanan. Sementara kalau jawabannya menurun, kita menjawabnya dimulai dari angka soal lalu ditulisnya dari atas ke bawah.

2. Pirates and treasures

game otak cegah pikun

Ini adalah game asah otak cegah pikun karena kita diminta untuk menemukan barang-barang yang disembunyikan di sebuah kapal. Ada 8 benda yang harus ditemukan.

Setelah berhasil menemukan benda tersembunyi-nya, kita juga diminta menemukan angka dari 1 sampai 30, yang warnanya mirip dengan benda-benda yang tersebar di kapal.

Kita diberikan waktu dalam menemukannya, jadi kita perlu berpacu dengan waktu dalam segi keberhasilannya. Bermain game asah otak ini beneran butuh konsentrasi dan ketelitian tinggi.

3. Hidden Princess

game hidden object for prevent senile

Game asah otak berikutnya juga masih menemukan benda-benda, tapi kali ini benda yang harus ditemukan itu barang-barang yang berkaitan dengan seorang putri, seperti pedang, bunga, mahkota, sepatu hak tinggi, angka, dan pita.

Namun kita perlu menemukan satu jenis barang dahulu, bukan semua barang. Jadi kita diminta untuk fokus menemukan satu jenis barang dari beberapa barang tersebut. Kita pun diberikan waktu dalam menemukannya, jadi kita perlu berpacu dengan waktu dalam segi keberhasilannya.

Apalagi barang-barang tersebut warnanya hampir mirip, butuh banget kejelian dan ketelitian bermain game asah otak ini. Saya saja geregetan saat memainkan permainan asah otak ini.

Bagaimana sahabat Lithaetr, kira-kira tertarik enggak untuk mencoba game asah otak cegah pikun dari situs solitaire.org? Silakan berikan tanggapannya ya, terima kasih.

trlitha11 (lithaetr)

Hai, saya IRT yang hobinya nulis dan senang berbagi ilmu. Ingin mengajak saya bekerjasama, silakan kirimkan saja email ke trlitha11@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

30 Komentar

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏

  1. Setuju, game yang dimainkan mesti game yang bikin berfikir dan game yang memecahkan masalah. Kan ada tuh ya game yang sebaliknya, malah bikin stres dan frustasi, malah bahaya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Mending cari game yang bisa tetap membuat otak tetap bekerja dengan baik, sehingga kita juga dapat mencegah pikun

      Hapus
  2. Duh ketiganya belum pernah saya mainkan tuh game nya.
    Selama ini cuma main candy crush sama home scapes saja,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak, dicoba 3 game asah otak cegah pikun-nya.

      Hapus
  3. wah beneran cegah pikun nih games yang ada di situs solitaire.org

    karena otak2 bener mikir

    daripada ikut senam otak secara medis ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu cara saja sih, bunda. Game asah otak bisa cegah pikun. Hasilnya bisa lebih semakin maksimal kalau ikutan senam otak secara medis juga.

      Hapus
  4. Aku juga sampai sekarang suka ngegame yang simpel begini biar otak tetap terlatih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bunda. Setidaknya biar otak tetap ada asupan biar terus berpikir, walaupun ringan-ringan

      Hapus
  5. Daily Crossword Puzzle itu seru banget loh, beneran bikin otak jadi terlatih dan nggak pikun-pikun amat, di saya ngaruh banget, karena setiap harinya ngerjain hal yang monoton dan multitasking, jadinya otak saya lelah, dipake main gini, langsung fresh rasanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah, terima kasih testimoni positif untuk game asah otak cegah pikun ini

      Hapus
  6. Apa jangan jangan saya termasuk orang pengidap sleep amnea ya. Soalnya susah banget skrng tidur pules. Mungkin harus resfreshing dengan main games deh. Faktor usia juga buat sering lupa dan susah fokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga karena kurang bergerak mba, jadi kesulitan tidur. Enaknya bergerak dan main game asah otak, InsyaAllah hasil lebih maksimal

      Hapus
  7. Duh tampaknya saya harus coba main game lebih sering lagi nih. Secara ya, belakangan sering banget lupa akan nama (orang, barang atau tempat), bahkan untuk hal-hal kecil yang berada di sekeliling saya. Semoga deh bukan gejala-gejala pikun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Bunda Annie, sehat terus. Perlu lo, Bunda bermain game asah otak berkala, kali saja ada hal positif diantaranya yaitu cegah pikun

      Hapus
  8. Pirates & Treasures favoritttt. Kekekeke. Pokoknya hidden object games keluaran Solitaire kece2 tampilannya. Awalnya cuma suka temanya, tapi lama-lama jadi candu mainnya. Udah pada tahu berarti ya, Solitaire gak cuma main kartu doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kakak. Saya juga suka hidden object di sini seru, hahaha. Sampai merem melek biar ketemu barangnya, hahaha

      Hapus
  9. Bermain game makin lama makin asyik, menceriakan pikiran dan suasana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kakak. Game asah otak cegah pikun dan terus menambah kebahagiaan

      Hapus
  10. Selain untuk menghibur, games juga bermanfaat buat kesehatan otak dan pikiran ya, sehingga daya ingat tetap terjaga. Mau coba yang Daily Crossword Puzzle, board nya seperti papan catur hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak, bisa dicoba game asah otak cegah pikun-nya ini di kala senggang

      Hapus
  11. Games semang membantu semangat kerja dan juga biar otak makin fresh nih, aku juga suka games yang bikin hati happy dan makin semangat kerja lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap bunda. Terima kasih sudah berkenan mampir ke tulisan sederhana ini

      Hapus
  12. main game asah otak nggak hanya hiburan ya, mbak
    Tapi juga bisa mencegah pikun
    so ayo ngegame

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Sekali-sekali main game asah otak agar cegah pikun

      Hapus
  13. Wah keren2 ya gamesnya, aku udah coba di solitaire.org emang mantap gamenya untuk melatih daya nalar dan motorik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas wahid. Saya suka banget main game asah otak seperti ini

      Hapus
  14. Memang benar, beberaapa game apalagi yang semacam ini bisa bikin otak mengingat lebih baik. Saya pernah mencoba game belajar bahasa Inggris dan bahasa Perancis. Alhamdulillah hasilnya lumayan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, bisa sebagai sarana belajar bahasa asing juga ya, game itu. Asal tahu game seperti apa yang harus dimainkan, kayaknya game bisa jadi hal yang positif

      Hapus
  15. main game tuh seru banget memang, apalagi game asah otak. bikin kita berfikir untuk mencari solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kakak. Game asah otak ini membuat kita jangan menyerah untuk mencari solusi

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama