Widget HTML Atas

loading...

Berikanlah yang Terbaik untuk Hari Ini, Karena Sesungguhnya Kematian itu Dekat


Assalamua'alaikum Sahabat Lithaetr,

Gambar: pixabay
Tak terasa ya udah mau menuju bulan Ramadan lagi. Siapa yang masih ada hutang puasa, ayo segera di bayar, ya. Semoga kita semua bisa dipertemukan kembali oleh Ramadan, aamiin.

Tulisan saya hari ini, mau membahas sedikit tentang kematian. Sebuah pesan di whatsapp, tentang berpulangnya seorang saudara di usia yang terbilang masih muda, membuat saya kembali bertafakur. Memang kematian itu tidak memandang usia, mau muda tua, apabila Allah sudah memberikan keputusan untuk memanggil, maka semua manusia pun harus siap menghadap-Nya.

Lalu, sudahkah kita mempersiapkan bekal yang cukup untuk menghadap-Nya? Ternyata pesan tentang kematian ini sudah berkumandang sejak lama. Bahkan seorang ulama bernama Aun bin ‘Abdillah rahimahullah sudah mengumandangkannya secara masif.

Pesan dari beliau itulah, yang membuat saya semakin ingin menulis tentang kematian ini. Mau tahu isi pesannya? Ikutin terus tulisan ini, ya...
Gambar: ummahatmengaji
Aun bin ‘Abdillah rahimahullah berkata:
“Sikapilah bahwa besok adalah ajalmu. Karena begitu banyak orang yang menemui hari besok, ia malah tidak bisa menyempurnakannya. Begitu banyak orang yang berangan-angan panjang umur, ia malah tidak bisa menemui hari esok. Seharusnya ketika engkau mengingat kematian, engkau akan benci terhadap sikap panjang angan-angan.”

Beliau juga berkata :

إنَّ من أنفع أيام المؤمن له في الدنيا ما ظن أنَّه لا يدرك آخره

“Sesungguhnya hari yang bermanfaat bagi seorang mukmin di dunia adalah ia merasa bahwa hari esok sulit ia temui.” (Jaami’ul ‘Ulum wal Hikam, 2: 385) (Sumber dari: ShahihFiqih)

Melihat isi pesan dari ulama Aun bin ‘Abdillah rahimahullah, beliau mengingatkan kalau kematian itu sesungguhnya dekat. Bisa saja esok hari kita akan menghadapi kematian oleh karena itu, sebaiknya selalu berikanlah yang terbaik untuk hari ini.

Pesan ini juga menjadi cambuk bagi saya pribadi. Jangan menunda-nunda saat ingin berbuat baik, jika bisa dilakukan hari ini atau sekarang, lakukanlah, karena bisa saja besok kita tidak akan mendapatkan kesempatan untuk melaksanakannya lagi.

Semoga keluarga, kerabat, dan sahabat yang sedang sakit bisa disembuhkan oleh Allah Swt. Semoga semua sahabat bisa memberikan yang terbaik di hari ini, sehingga esok hari tidak akan ada penyesalan yang tersisa. Jika besok masih diberikan kesempatan kembali untuk hidup, maka semoga bisa melakukan perbuatan lebih baik daripada hari ini, aamiin...

Yuk, yang mau lihat tulisan lainnya bisa menjelajah di blog ini ataupun ke blog Just_My_Pensieve ya. Semoga blog lithaetr ini bisa memberikan manfaat bagi para sahabat, aamiin..
lithaetr
lithaetr Seorang IRT yang ingin berbagi sepenggal kenangan dan kisah berharganya, agar dapat menjadi pelajaran dan manfaat bagi sesama. Saat ini masih terus belajar menjadi penulis dan pemerhati anak. Jika ingin mengajak penulis bekerjasama silakan saja hubungi via email ke lithaetr@gmail.com atau ke WhatsApp http://wa.me/628161977335.

4 comments for "Berikanlah yang Terbaik untuk Hari Ini, Karena Sesungguhnya Kematian itu Dekat"

  1. Thanks for the insight mbak litha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba ☺❤...

      Saling berbagi kebaikan lewat tulisan ya mba ☺

      Delete
  2. Artikel yang bagus mbak.

    Salam
    diahestika.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba... Salam kenal kembali ☺❤

      Delete

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏

Berlangganan via Email