Widget HTML Atas

loading...

Menjadi Pahlawan Bumi seperti 5 Sahabat, Siapa Takut!

zero waste
Menjadi Pahlawan Bumi seperti 5 Sahabat, Siapa Takut!, Gambar: Milik RBM IP Jakarta
Assalamualaikum sahabat lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Bagaimana kabarnya? Semoga semua sahabat lithaetr diberikan kesehatan, keberkahan, dan kebahagiaan. Alhamdulillah, ini tulisan ketiga saya di sini. Dalam tulisan ini juga masih terkait dengan tugas dari orientasi kampung Komunitas Ibu Profesional. Kalau sebelumnya saya diminta untuk membuat kapsul waktu, sekarang saya disuruh untuk merencanakan sebuah proyek. Tentu saja proyek ini harus yang membahagiakan kita saat menjalankannya.
emansipasi wanita
Logo Kampung Komunitas Ibu Profesional
Setelah belanja ide dari proyek-proyek yang sudah pernah dibuat oleh pengurus masing-masing regional di facebook (FB) grup Komunitas Ibu Profesional, akhirnya saya menetapkan untuk membuat sebuah proyek yang dimulai dari keluarga dahulu. Rencananya saya ingin menerapkan proyek ini selama Ramadhan dan semoga ke depannya proyek ini selalu bisa kami terapkan.

Proyek ini terinspirasi dari buku terbaru yang saya tulis bersama ibu-ibu hebat dari rumah belajar (rumbel) menulis atau yang lebih dikenal dengan sebutan RBM, yaitu buku cerita anak yang berjudul Aksi Lima Sahabat Ramadhan untuk Bumi dan digabungkan dengan proyek-proyek zero waste yang pernah dilakukan oleh Ibu Profesional sebelumnya. Mau tahu lebih jauh tentang proyek saya ini, simak terus saja di sini, ya.

Sebelum saya menceritakan soal proyeknya, izinkan dahulu saya mengungkapkan alasan mengapa saya memilih aktivitas ini sebagai proyek keluarga. Sebelumnya, sudah saya katakan kalau saya terinspirasi dari buku Aksi Lima Sahabat Ramadhan untuk Bumi. Buku ini adalah versi lanjutan dari buku Aksi Lima Sahabat Selamatkan Bumi dari Sampah yang fenomenal. Bisa menjadi bagian dari penulis buku yang pernah fenomenal menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Oleh karena itu, saya merasa bertanggung jawab terhadap isi buku yang saya tulis.
aksi 5 sahabat menjaga bumi
Buku karya RBM IP Jakarta
Buku yang ditargetkan bagi anak-anak berusia 6 tahun ke atas ini, bercerita tentang lima sahabat yang berusaha menyelamatkan bumi dari sampah, khususnya di bulan Ramadhan yang terkadang banyak keluarga nan masih berlebihan dalam menyiapkan menu berbuka dan sahur, sehingga banyak sisa makanan yang terbuang. Kemudian, mempergunakan benda-benda tak terpakai menjadi sesuatu yang bermanfaat dan masih banyak lagi pesan-pesan luar biasa dalam buku ini. Nah, karena saya ikut menulisnya, makanya saya ingin keluarga saya bisa teredukasi soal ini.

Dimulai dari menyiapkan makan sahur dan berbuka sesuai kebutuhan, serta memanfaatkan benda tak terpakai menjadi barang baru yang bermanfaat. Sekaligus belajar mengolah sampah organik dan memilah-milah sampah anorganik.

Baca Juga:

Saya ingin lebih baik dalam mengelola sampah keluarga kami. Saya akan bersenang-senang bersama suami dan anak-anak dalam mengelola sampah kami yang akan dimulai dari Ramadhan tahun ini. Tentu saja, harapannya kegiatan ini bisa terus dilakukan selamanya. Apalagi saya ingin mencoba bersama anak-anak dalam membuat komposter. Alhamdulillah, dari belanja ide di FB Grup, ada ringkasan kegiatan dari Komunitas Ibu Profesional Samkabar tentang membuat komposter. Jadilah, semakin semangat untuk memulai proyek yang saya beri judul "Menjadi Pahlawan Bumi seperti 5 Sahabat, Siapa Takut!"

Mengapa saya memberi judul itu? Agar anak-anak saya semangat saat mengerjakan proyek ini. Apalagi kalau diajak langsung sama Andra, Bimo, Dilan, Caca, dan Emma (karakter 5 sahabatnya) langsung, kayak gini, 
buku cerita anak islami
Karakter 5 sahabat dalam buku Aksi Lima Sahabat Ramadhan untuk Bumi, Gambar: milik RBM IP Jakarta
Membaca sekaligus mempraktekkan ilmu yang ada dalam buku tersebut pasti menyenangkan. Sebab dalam buku ini akan ada:
buku anak edukatif
10 cerita edukatif bernuansa islami

buku anak terbaik 2020
20 aktivitas seru

buku anak terpopuler
20 fakta menarik tentang pengetahuan alam

Saya sudah membayangkan betapa menyenangkan proyek keluarga kami ini nantinya. Sebab anak-anak akan diajak terlibat langsung dengan kegiatan yang sudah dia baca lewat buku. Harapannya di kemudian hari, anak-anak tetap terus menjadikan buku sebagai pedoman dalam mencari ilmu. Itulah rencana proyek yang akan saya buat. Dengan target audiencenya atau target sasarannya adalah keluarga sendiri.

Apalagi saat ini sedang digalakkan juga gerakan diam di rumah saja. Nah, harapannya dengan adanya proyek ini kami sekeluarga bisa tetap produktif dan bermanfaat, walaupun dari rumah saja. Agar tidak kaget, saya akan memulai proyek ini saat Ramadhan tiba, sebab sekarang saya mau mengedukasi ke suami dan anak-anak dulu.

Lalu, bagi sahabat yang mau atau tertarik buat mendapatkan buku keren ini, bagaimana caranya?
Buku Aksi Lima Sahabat Ramadhan untuk Bumi laris manis di PO Pertama 500 eksemplar menuju PO kedua, gambar: milik RBM IP Jakarta
MasyaAllah, Alhamdulillah, buku ini sudah sold out untuk pre order (PO) pertamanya, tapi buku ini bisa dipesan lagi via Koperasi Ibu Profesional atau yang biasa disebut atau dikenal dengan KIPMA.

Yups, itulah mini proyek yang akan saya lakukan bersama keluarga. Doakan mini proyek ini bisa berhasil dengan sukses dan dilakukan secara terus menerus ya, sahabat. Baiklah akhir kata, mari kita berdoa agar pandemi ini bisa segera berakhir. Wassalamu'alaikum.
trlitha11 (lithaetr)
trlitha11 (lithaetr) Hai, saya IRT yang hobinya nulis dan senang berbagi ilmu. Ingin mengajak saya bekerjasama, silakan kirimkan saja email ke trlitha11@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

2 comments for "Menjadi Pahlawan Bumi seperti 5 Sahabat, Siapa Takut!"

  1. Terut senang
    Semoga semakin sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin Allahumma aamiin. Doa yang sama juga untuk kak Djangkaru bumi

      Delete

Post a Comment

Silakan berikan tanggapan, saran, dan kritiknya ya sahabat 🙏

Berlangganan via Email