3 Ekosistem Dibangun Agar Tercipta Pemain eSport Handal

3 Ekosistem Dibangun Agar Tercipta Pemain eSport Handal

ekosistem esport


Ini Dia Kontennya,


Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Perkembangan teknologi, membuat kita sebagai orang tua harus melek dengan teknologi juga. Kita perlu mengenal anak generasi digital yang memang dalam gen-nya sudah disiapkan untuk menggunakan teknologi.

Salah satu perkembangan teknologi adalah permainan (games) eSport. Perkembangan eSport beberapa tahun belakangan menjadi semakin populer dan termasuk dalam daftar karir baru bagi anak-anak generasi digital.

Akan tetapi, bagi orang tua bila anak bermain game itu masih ada ketakutan jika kecanduan dan berujung menjadi negatif. Oleh karena itu, pentingnya membangun ekosistem agar tercipta pemain eSport handal.

Mengapa harus eSport? Sebab, eSport dianggap potensial sebagai karir menggiurkan. Untuk penjelasan lebih jauh yuk, ikutin terus penuturannya berikut ini.

 

Apa itu ekosistem?

Sebelum masuk ke pembahasan eSport termasuk karir menjanjikan di masa mendatang, sebagai orang tua dari anak-anak generasi digital, kita perlu mengetahui mengapa ekosistem yang tepat harus dibangun buat anak-anak yang mau menekuni eSport.

apa itu ekosistem

Apa sih, ekosistem itu? Perlu kita menyamakan terlebih dahulu tentang pengertian dari ekosistem ini. Harapannya supaya kita bisa membangun ekosistem penting agar tercipta pemain eSport handal masa depan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, ekosistem ini memiliki beberapa arti, karena itu saya ambil satu arti yang paling mendekati dengan sistem ekosistem nan kita maksud. Ekosistem adalah keadaan khusus tempat komunitas suatu organisme hidup dan komponen organisme tidak hidup dari suatu lingkungan yang saling berinteraksi.

Kesimpulannya ekosistem ini adalah lingkungan positif yang terbentuk karena adanya interaksi positif antara organisme hidup dan organisme tidak hidupnya. Apabila kita melihat anak-anak tertarik bermain game, sebagai orang tua, kita jadi tahu harus mengarahkan ke mana hobinya tersebut agar jadi kegiatan positif.

Ekosistem diperlukan agar bisa menjadi panduan dalam mengarahkan anak-anak yang baru tertarik dengan game, kalau lewat permainan tersebut mereka juga bisa berprestasi dan diakui sebagai profesi potensial ke depannya.

Elemen ekosistem yang paling umum dikenal oleh publik adalah sang pembuat game, tim eSports-nya, sponsor, dan turnamen. Lalu, dimana peran orang tua agar bisa menjadi pendukung ekosistem dari skema di atas? Tetap teruskan membacanya ya, Sahabat Lithaetr.

 

Apa itu eSport dan fakta singkatnya di Indonesia

Setelah kita mengetahui perlunya membangun ekosistem agar anak-anak tetap bisa berkegiatan positif dengan bermain game, termasuk eSport, marilah kita ketahui dulu apa itu eSport dan fakta singkat perkembangannya di Indonesia.

Istilah eSport ini menjadi fenomena tersendiri, khususnya sejak pergelaran Asian Games 2018. eSport atau electronic sport ini adalah olahraga digital yang menjadikan game sebagai bidang kompetitif utama.

Permainan eSport ini dimainkan oleh para pemain profesional dan terlatih. Olahraga elektronik ini merupakan permainan strategi yang dipertandingkan secara daring lewat komputer, sehingga tiap pemain tak perlu berhadapan secara langsung.

Keberhasilan eSport di tahun 2018 itu, membuat pemerintah kembali memasukkan pertandingan olahraga elektronik ini dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang diselenggarakan pada September lalu. Bahkan pemerintah menjanjikan pertandingan untuk olahraga elektronik ini akan terus ada hingga tahun depan juga.

Dari dua hal itu saja, sudah bisa membuat kita sebagai orang tua untuk menambah wawasan tentang eSport ini, agar bisa mendampingi anak-anak bila ia memiliki ketertarikan bermain game eSport.

 

Ekosistem penting perlu dibangun agar tercipta pemain eSport handal

Sudah sempat saya singgung di atas tentang skema ekosistem nan sudah biasa dikenal oleh publik, tapi bagi saya pribadi ada beberapa ekosistem penting yang perlu dibangun agar tercipta pemain eSport handal.

Apa sajakah itu? Inilah ekosistem-ekosistem penting, menurut saya, yang perlu dibangun agar tercipta pemain eSport handal,

1. Dukungan keluarga

dukungan keluarga untuk atlet esport

Peran orang tua sebagai penanggung jawab generasi digital, perlu mendukung anaknya agar bisa beraktivitas tanpa batas, termasuk mengarahkan apabila ia tertarik menjadi pemain eSport.

Ekosistem penting pertama yang perlu dibangun agar tercipta pemain eSport handal adalah dukungan keluarga, khususnya orang tua. Disebabkan hal tersebut, penting banget bagi orang tua untuk belajar tentang eSport lebih jauh seperti memberikan tim atau komunitas eSport terbaik bagi ananda.

Selain itu, doa orang tua yang selalu menjadi kunci kesuksesan bagi anak nan menjadi restu terbaik, agar mereka bisa mengembangkan bakatnya dengan maksimal.

 

2. Tim atau komunitas atau akademi eSport yang mumpuni

lead by IndieHome

Ekosistem penting kedua yang perlu dibangun agar tercipta pemain eSport handal, menurut saya adalah membantu mencarikan tim atau komunitas atau akademi eSport yang mumpuni.

Salah satu academy eSport yang mumpuni di Indonesia adalah lead by IndiHome. Apakah itu? Limitlless E-Sport Academy (lead) by IndiHome merupakan pusat pengembangan atlet eSport untuk komunitas dan pegiat eSport di Indonesia.

Kehadiran lead ini salah satu upaya IndiHome dalam mengembangkan ekosistem olahraga elektronik di Indonesia, khususnya membentuk atlet-atlet eSport profesional.

Sebagai akademi olahraga elektronik yang berkonsep athlete enablement, lead dari IndiHome hadir untuk memberdayakan para pemain game agar bisa berkembang jadi pemain profesional bermental atlet.

Bagaimana cara agar anak kita bisa masuk ke lead by IndiHome? Silakan daftarkan diri atau ananda melalui lead by IndiHome dan silakan ikuti akun media sosialnya IndiHome (@IndiHome), lead (@leadindihome), serta Head Coach lead (@leadhenov). Jika ada kesulitan atau yang ingin ditanyakan silakan saja klik hubungi bantuan, sahabat akan terhubung ke admin via Whatsapp.

3. Koneksi internet yang berkualitas

Ekosistem penting yang ketiga nan perlu dibangun adalah koneksi internet yang berkualitas. Selain mendirikan lead, upaya IndiHome sebagai penyedia layanan internet jaringan tetap (fixed broadband) terbesar di Indonesia, sudah selayaknya kalau kualitas internetnya luar biasa.

Menjadi internetnya untuk gamer bukanlah hal mudah tapi menjadi hal yang selalu diwujudkan oleh IndiHome. Internet cepat adalah kunci utama bagi keberhasilan para atlet eSport dalam memenangkan pertandingan.

Tentu saja internet cepat menjadi kunci kenyamanan bagi para pemain eSport saat bertanding. Terbesar di nusantara membuat IndiHome menjadi internetnya Indonesia yang paling diunggulkan kualitasnya.

Itulah dia ekosistem-ekosistem penting yang perlu dibangun agar tercipta pemain eSport handal bermental atlet nan profesional. Bagaimana sahabat Lithaetr, sudah ada gambaran peran orang tua dalam membangun ekosistem buat anak yang hobi main game, khususnya eSport? Silakan berikan tanggapan, ya. Terima kasih.

 

Sumber informasi:

hybrid.co.id/post/skema-ekosistem-esports-indonesia

jatengdaily.com/2021/kembangkan-ekosistem-esport-indihome-gelar-roadshow-limitless-esport-academy-dari-solo

www.kompas.com/sports/read/2021/10/09/22520098/sebentar-lagi-ada-akademi-e-sports-di-indonesia?page=all

kumparan.com/info-sport/apa-itu-esport-ini-sejarah-singkatnya-1w6F1FkK6X6

www.timesindonesia.co.id/read/news/374647/lead-by-indihome-siap-dukung-ekosistem-esport-indonesia

trlitha11 (lithaetr)
Hai, saya IRT yang hobinya nulis dan senang berbagi ilmu. Ingin mengajak saya bekerjasama, silakan kirimkan saja email ke trlitha11@gmail.com atau whatsapp ke http://wa.me/628161977335

Related Posts

36 komentar

  1. Dukungan keluarga sangat penting menurut saya. Saya pernah menemukan anak yang hobby gamesnya tidak mendapat restu dari orang tua. Namun jika Indihome saja mendukung perkembangan esport masak orang tua tidak ya. Selama itu hal positif bagi saya why not. Yang penting anak berprestasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akh, mantap. Betul Bu. IndiHome saja memperhatikan bagaimana agar anak bisa beraktivitas tanpa batas, kalau tidak ada pengawasan dan dukungan dari orang tua, kemampuan anak belum tentu berkembang dengan maksimal. Ekosistem penting ini memang perlu bersinergi, agar memberikan hasil maksimal

      Hapus
  2. Dukungan orang tua memang penting banget, perannya besar banget dalam literasi digital zaman now, karena ngeri juga sih kalau anak-anak dibiarkan sendiri mengakses akses digital :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bunda. Oleh karena itu, perlu banget untuk orang tua mencari tahu support sistem apa yang bisa mendukung anak-anak jadi pemain esport handal

      Hapus
  3. Dunia game semakin meningkat dan semakin dilirik. Kalau dulu kayaknya bisa dianggap males-malesan. Sekarang bisa jadi salah satu pekerjaan. Salah satunya menjadi pemain e-sport

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kakak. Tentu saja perlu ekosistem penting didalamnya. Biar enggak asal-asalan juga.

      Hapus
  4. wow keren banget Indihome

    membangun pusat pengembangan atlet eSport untuk komunitas dan pegiat eSport di Indonesia.

    karena tau pegiat eSport butuh dukungan ya?
    Sebagai salah satu alternatif karir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Teknologi semakin maju, pastinya karir menjanjikan juga akan berkembang, salah satunya atlet esport. Perlu banget jadinya ekosistem penting dibangun agar ada pemain esport handal

      Hapus
  5. Point terakhir itu penting banget ya mba. E sport tanpa internet mati sudah. Karena itu skarang jaringan internet itu udah kayak kebutuhan pokok ya mba selain jaringan air dan listrik. Indihome jd solusi pastinya utk kebutuhan internet yg lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbakku. Kunci keberhasilan dari esport ya, jaringan lancar. Oleh karena itu, ekosistem penting perlu dibangun, termasuk jaringan lancar

      Hapus
  6. Jaringan indie home ini memang paling cakep deh. Makanya wakar kalau indi home mendukung para gamer. Krn memang gamer tuh butuh jaringan yang kuat. Kan ga seru ya kalau lg tengah asyik2nya perang tetiba jleb sinyal ilang. Bete banget deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, IndiHome memang internetnya cepat. Jadilah tepat untuk ekosistem penting yang perlu dibangun agar tercipta pemain esport handal

      Hapus
  7. Penting banget para calon atlet esport ini didukung lingkungan sekitar. Karena stigma ngegame cuma main2 masih melekat di tengah masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah mbak, perlunya ekosistem penting dibangun agar bisa tercipta pemain esport handal

      Hapus
  8. Hobi main game bisa diarahkan ke hal positif menjadi atlet esport ya...dan pastinya internet cepat menjadi kunci kenyamanan ketika bertanding.
    Nah, IndiHome akan menjadi pendukung internet cepatnya, yang paling diunggulkan kualitasnya di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbakku. IndiHome dengan internet cepat bisa menjadi unggulan. Sebab IndiHome internetnya Indonesia

      Hapus
  9. iya, jadi atlet esport jadi cita cita anak anak masa kini ya mbak
    makanya perlu didukung dengan menyediakan akses internet sekenceng Indihome ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Kalau semisal sudah terlihat ketertarikan di bidang ini, ada baiknya perlu pembekalan yang memang tepat buat anak-anak

      Hapus
  10. Mantep, ekosistem esport memberikan informasi baru bagi saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menciptakan ekosistem esport yang tepat. Bisa membuat anak-anak memiliki prestasi yang gemilang

      Hapus
  11. Tidak bisa lagi di pandang sebelah mata permainan gemas online bahkan kini sudah masuk dalam lingkup esport yang sering disertakan pada beberapa kejuaraan
    Dan setuju dukungan keluarga/orang tua punya peranan dlm mendukung passion ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa dipandang sebelah mata, kalau ekosistemnya tepat Bunda. Perlu banget anak mengetahui kelebihan dan batasan saat mereka bermain esport ini

      Hapus
  12. anakku suka main game dan di rumah juga pakai Indihome, kayanya perlu daftar kegiatan ini deh biar main gamenya lebih terarah. Syukur syukur kalo bisa jadi atlit e-sport

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Bun, kita menambah pengetahuan soal esport. Bagaimana kita bisa menciptakan ekosistem yang tepat agar anak-anak bisa tetap berprestasi saat bermain game online

      Hapus
  13. Jadi punya pengetahuan baru tentang ekosistem. Cakupannya ternyata sangat luas ya. Dan salah satu aspeknya adalah menyangkut internet dan dunia digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pembentukan ekosistem esport ini perlu didukung berbagai lini, termasuk internet cepat dan academy esport yang mumpuni

      Hapus
  14. Asli keren banget sih pemain esport. Pastinya jadi atlet itu butuh proses panjang dan butuh dukungan dari berbagai pihak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bunda. Pastinya butuh kerja keras serta latihan yang tepat. Soalnya menjadi atlet, seperti esport, bukanlah hanya sekedar hobi, tapi bisa jadi profesi menjanjikan

      Hapus
  15. Angin segar buat aanak-anak muda yang suka ngegame. Asalkan fokus dan serius menjading seorang gamingpun bisa menghasilkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal tetap tahu batasan serta prioritas, Bun. Pastinya agar berprestasi perlu banget pembimbing serta pembinaan yang pas.

      Hapus
  16. Setuju! Ekosistem penting dibangun supaya tercipta pemain eSport handal bermental atlet nan profesional.

    eSport sekarang masuk dalam daftar olahraga yang dipertandingkan dalam event olah raga besar seperti PON di Papua lalu juga ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul esport sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan secara nasional dan internasional

      Hapus
  17. Internet nih jadi sarana penting untuk berkegiatan ya termasuk memainkan e-sport ini ..semoga akses internet semakin merata menjangkau pelosok tanah air ya spya semua bisa merasakan manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga IndiHome bisa merambah pelosok tanah air dan membangun fasilitas academy esport di beberapa tempat termasuk di propinsi luar Jawa.

      Hapus
  18. Bermain game sering dianggap buang-buang waktu tapi kalau ditelusuri justru banyak manfaatnya ya Mbak. Asal tidak kebabalasan saja. Untuk itu peran keluarga terutama ortu memang sangat penting nih. Kalau anaknya jago main bisa diarahkan buat jadi atlet esport. Apalagi bagus juga perkembangan esport di Indonesia yang saat ini didukung sama IndHome

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Kalau semisal tidak terarah, bermain game itu akan terkesan buang-buang waktu. Oleh karena itu, butuh ekosistem, support sistem, dan rencana terstruktur agar bisa menjadi atlet esport yang luar biasa.

      Hapus

Posting Komentar