5 Film Bollywood Yang Punya Banyak Pesan

Posting Komentar
Perkembangan film Bollywood memang luar biasa. Sudah banyak film Bollywood yang menembus pasar internasional dan laris manis di dunia, termasuk di Indonesia. Film-film Bollywood biasanya mempunyai waktu tayang 1 jam lebih lama dibandingkan film-film dari negara lain yang rata-rata berdurasi 1 jam. Hal ini karena film-film Bollywood sangat kuat dalam memperkenalkan budayanya.

India memang konsisten memperkenalkan budayanya lewat tarian dan nyanyian yang biasanya menghiasi film-film Bollywood. Tapi ternyata tidak hanya memperkenalkan budaya lewat tarian dan nyanyiannya saja loh, 5 film Bollywood ini punya isi pesan yang banyak dalam filmnya. Film-film apa saja ya yang mempunyai banyak pesan di dalamnya?

1. Taare Zameen Par (Like Stars on Earth)
Sumber gambar diambil dari hipwee.com
Film yang mengisahkan tentang seorang anak bernama Ishaan Awasthi (Ishaan). Seorang anak berusia 8 tahun yang bermasalah di sekolah. Ia dikenal sebagai anak yang usil, susah diatur, dan mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran. Akhirnya Ishaan pun selalu mendapatkan nilai-nilai yang kurang baik.

Karena kekecewaan terhadap putranya, sang ayah memasukkannya ke sekolah asrama, dengan tujuan agar anaknya disiplin dan bertanggung jawab. Ternyata di sekolah barunya inilah permasalahan Ishaan terjawab.

Ada seorang guru seni bernama Ram Shankar Nikumbh (Ram), yang mengetahui bahwa Ishaan sebenarnya adalah anak yang jenius. Selama ini ia bersikap seperti susah diatur karena Ishaan merasa berbeda dari teman sebaya dan tidak ada yang mengerti dirinya. Ram mengetahui kalau Ishaan mengidap disleksia, di mana penderitanya kesulitan membaca.

Dalam pandangan seorang yang mengidap disleksia, bila mereka melihat huruf dan angka itu seolah menari-nari, karena hal tersebut biasanya penderita lebih sulit membaca dan mengenal angka. Mulai dari situlah Ram secara khusus memberikan perhatian khusus terhadap Ishaan dan ternyata benar Ishaan mengalami perkembangan yang luar biasa.

Film yang dibintangi oleh aktor berbakat Aamir Khan ini mempunyai pesan-pesan yang luar biasa, khususnya bagi orang tua. Film ini menegaskan kalau setiap anak yang dilahirkan itu istimewa. Mereka mempunyai potensi dan keunikannya masing-masing. Sebagai orang tua sebaiknya kita menggali potensi tersebut agar anak kita dapat berkembang dengan baik.

Nah bagaimana sahabat, mau coba kan buat nonton film Taare Zameen Par ini?

2. Slumdog Millionaire
Sumber gambar dari IMDB.com
Film yang berhasil menyabet penghargaan di ajang bergengsi Oscar ini memang memiliki banyak pesan di dalam filmnya. Berkisah tentang Jamal Malik (Jamal) yang bekerja sebagai pengantar minuman. Ia mencoba peruntungannya dengan mengikuti acara kuis di televisi.

Dalam menjawab setiap pertanyaan kuis, terlihat Jamal menjawabnya dengan mudah. Hal ini membuat penonton yang menyaksikan Jamal di televisi maupun studio heran, kok bisa seorang anak muda menjawab pertanyaan itu mudah sekali.

Ternyata saat menjawab pertanyaan kuis tersebut Jamal pun dipaksa untuk membangkitkan ingatan perjalanan masa hidupnya selama ini. Karena mempunyai perjalanan hidup yang keras dan penuh lika-liku membuat Jamal berhasil mendapatkan hadiah utama dari acara kuis tersebut.

Film Slumdog Millionaire mempunyai pesan yang luar biasa. Pesan tentang kehidupan ini. Dalam kehidupan ini, kita tidak akan pernah tau bagaimana nasib (takdir) hidup ini. Karena nasib adalah sebuah misteri. Yang harus kita lakukan adalah bekerja keras dan berbuat baik agar bermanfaat bagi orang lain.

Nah, menarik buat ditonton kan film keren satu ini?

3. 3 Idiots
Sumber gambar dari hipwee.com
Film 3 Idiots bercerita tentang 3 orang sahabat yang sedang menempuh pendidikan di universitas. Universitas mereka ini terkenal sekali dengan disiplin dan menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas. Nah dari sinilah cerita film ini dimulai. Bagaimana perjuangan 3 sahabat (Rancho, Farhan, dan Raju) ini bisa menjadi mahasiswa berkualitas.

Ajaran tentang hidup dalam film ini menurut penulis kena banget. Menjadi mahasiswa berkualitas itu bukan semata-mata hanya mendapatkan nilai yang bagus saja tetapi membutuhkan banyak proses untuk hal itu, salah satunya rasa solidaritas tinggi dalam persahabatan. Karena menjadi orang yang bisa memberikan manfaat kepada orang lainlah yang disebut manusia berkualitas.

Seru juga nih kalau nonton film ini bareng sahabat, iya kan?

4. My Name Is Khan
Sumber gambar dari IMDB.com
Film yang bercerita tentang Rizwan Khan (Rizwan), seseorang yang menderita sindrom Asperger. Dijelaskan di dalam film ini gejala seseorang yang mengidap sindrom Asperger mempunyai kecenderungan tidak pernah bisa menatap lawan bicara, apabila sedang bicara ataupun mendengarkan. Kemudian jalannya agak membungkuk, takut dengan warna kuning dan merasa panik di tempat keramaian yang bising.

Walaupun mengidap sindrom Asperger, kehidupan Rizwan bersama keluarganya sangat bahagia. Namun kehidupannya berubah drastis setelah sebuah peristiwa bom besar terjadi. Karena hal tersebut Rizwan pun harus kehilangan anaknya. Dalam kesedihannya yang tidak bisa dia tunjukkan, Rizwan harus membersihkan namanya dan membuktikan kalau dia tidak bersalah.

Film ini mempunyai banyak pesan didalamnya. Salah satunya tentang toleransi beragama. Sebagai warga negara yang berpenduduk majemuk sudah pasti akan menemui banyak perbedaan dan ketidak cocokan. Tetapi yang membuat kita tetap rukun dan bersatu adalah karena adanya sikap toleransi, khususnya toleransi beragama.

Kalau sahabat mau nonton film ini, jangan lupa siapin tissue ya hehehehe.

5. English Vinglish
Sumber gambar dari IMDB.com
Film English Vinglish ini bercerita tentang seorang ibu rumah tangga, bernama Shashi yang ingin belajar bahasa Inggris, agar kehidupannya menjadi lebih baik. Namun usaha belajarnya ini sempat ditentang oleh keluarganya. Tetapi Shashi tidak menyerah dan mampu membuktikan bahwa ia bisa berhasil belajar bahasa Inggris.

Dalam film ini tersimpan pesan yang mendalam, khususnya dalam kehidupan rumah tangga. Di sebuah adegan Sashi harus menyampaikan pidato bahasa Inggris di hadapan seluruh keluarganya, pesan film ini pun tersampaikan.

Seperti dikutip dari adegan film English Vinglish tahun 2012, Shashi mengatakan bahwa pernikahan itu adalah sebuah hal yang indah. Dalam sebuah pernikahan terjalin sebuah persahabatan yang paling istimewa bagi dua orang yang berbeda kepribadian. Oleh karena itu, selalu-lah untuk saling membantu satu sama lain. Dari pernikahan maka terbentuklah sebuah dunia kecil yang disebut keluarga. Maka bentuklah keluarga yang bisa membuatmu nyaman.

Film ini menyampaikan bahwa keluarga adalah segalanya. Keluarga adalah tempat dimana kamu akan selalu mendapatkan rasa cinta dan rasa hormat. Karena keluarga adalah tempat yang selalu mendukungmu apapun yang terjadi pada dirimu. Itulah makna yang terkandung dalam film ini.

Keren kan sahabat? Boleh dong ya kalau masuk ke rencana acara untuk nonton film ini di akhir pekan bersama keluarga?

Itulah dia 5 film Bollywood yang mempunyai pesan yang bermanfaat didalam filmnya. Mau apapun profesi yang sahabat lakukan, tetaplah memberikan manfaat bagi orang lain ya, walaupun itu adalah hal sederhana. Selalu semangat dalam menyebarkan kebaikan ya sahabat.

Oh iya kalau sahabat tau film Bollywood lain yang punya pesan bermanfaat, tolong dishare di komentar ya.

Sumber referensi diambil dari pendapat pribadi, hipwee.com (24/03/2016), dan duniaku.net (09/12/2016).
lithaetr
Seorang IRT yang ingin berbagi sepenggal kenangan dan kisah berharganya, agar dapat menjadi pelajaran dan manfaat bagi sesama. Saat ini masih terus belajar menjadi penulis dan pemerhati anak. Jika ingin mengajak penulis bekerjasama silakan saja hubungi via email ke lithaetr@gmail.com atau ke WhatsApp http://wa.me/628161977335.

Related Posts

Posting Komentar