Widget HTML Atas

loading...

Saat Haid, Coba Deh Hindari Makanan Ini

Sumber gambar dari life.idntimes.com
Sebagai seorang perempuan sudah sangat wajar apabila kita kedatangan tamu wajib setiap bulannya. Terkadang tamu wajib ini bisa mengganggu aktivitas dan kenyamanan kita sebagai perempuan. Namun karena tamu wajib ini jugalah kita menjadi makhluk spesial.

Ya tamu wajib ini bernama haid atau menstruasi. Setiap bulan setiap perempuan yang sudah dewasa pasti mengalaminya dan terkadang saat waktu haid ini tiba perempuan mengalami beberapa hal yang membuatnya menjadi tidak nyaman. Seperti keram perut, badan pegal-pegal, dan emosi menjadi kurang stabil.

Memang ini merupakan proses yang wajar dan dialami oleh kebanyakan perempuan di dunia. Tetapi tahukah sahabat kalau ternyata dengan menghindari beberapa makanan berikut ini, bisa mengurangi ketidaknyamananmu saat haid?

1. Hindari Kafein
Sumber gambar dari pixabay.com
Apabila masa haidmu tiba hindarilah makanan atau minuman yang memiliki kandungan kafein didalamnya. Seperti kopi.

Mengapa? Seperti dilansir dari liputan6.com (29/07/2013), apabila mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein saat haid akan dapat membuat pembuluh darah dalam tubuh menjadi menyempit dan tubuh pun akan mengalami dehidrasi. Sehingga bisa memberikan efek sakit pada kepala dan gangguan kecemasan.
Sumber gambar dari life.idntimes.com
Sebaiknya saat kita sedang haid lebih baik untuk banyak-banyak minum air mineral. Hal ini perlu dilakukan agar dapat mencegah tubuh kita terhindar dehidrasi. Seperti dikutip dari situs drozindonesia.us (bulan Agustus tahun 2015), ketika tubuh kita takut kekurangan cairan, maka tubuh secara alami akan menyimpan air. Jadi kalau kita minum air mineral dalam jumlah yang cukup, maka air yang tertahan tadi akan keluar dan digantikan dengan air mineral yang baru.

2. Hindari makanan berkadar gula tinggi
Sumber gambar dari pixabay.com
Apabila sedang haid kita akan lebih senang dengan makan-makanan yang manis. Betul tidak? Kalau iya maka sebaiknya dihindari terlebih dahulu.

Mengapa? Seperti dilansir dari cnnindonesia.com (07/10/2017), saat sedang haid di dalam tubuh perempuan mengalami perubahan hormon yang mengakibatkan kadar gula darah menjadi tidak stabil. Sehingga keinginan memakan makanan manis akan bertambah. Namun sebaiknya hal tersebut harus dihindari, karena mengkonsumsi makanan manis berlebih akan mempengaruhi tingkat emosi dalam diri. Kamu akan lebih sering mengalami perubahan suasana hati atau disebut juga dengan mood swing dengan cepat.

Sehingga itu malah akan membuat kita cepat tersinggung, sedih, lesu, dan stres. Daripada makan-makanan manis lebih baik kalau makan yang memiliki kandungan serat, vitamin, dan zat besi yang tinggi. Seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, ikan, dan daging-dagingan yang matang. Boleh juga makan dark coklat loh.
Sumber gambar dari pixabay.com
Seperti dikutip dari situs drozindonesia.us (bulan Agustus tahun 2015), ngemil dark coklat bisa membantu menstabilkan emosi saat haid loh. Karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam dark coklat bisa meningkatkan zat serotonin. Zat inilah yang bertugas mengontrol suasana hati atau tingkat emosi di dalam diri.

3. Hindari makanan olahan

Saat sedang haid lebih baik menghindari makanan olahan atau yang lebih dikenal sebagai makanan kaleng. Mengapa? Sebab, di dalam makanan olahan selalu ada kandungan sodium dan natrium yang dapat menyebabkan terjadinya retensi air dan membuat tubuh Anda membengkak.

Jika sahabat mengkonsumsi hal ini maka akan mengakibatkan tubuh menjadi lebih pegal, cepat haus, dan haid menjadi kurang lancar.

4. Hindari makanan yang digoreng

Namanya goreng-gorengan itu benar-benar menggoda, namun saat haid tiba, sebaiknya dihindari dulu ya. Karena akan menyebabkan kadar estrogen dalam tubuh meningkat. Konsumsi yang berlebihan akan membuat efek keram pada perut saat masa haid tiba.

Namun, sahabat masih boleh makan makanan yang digoreng bila menggunakan minyak yang terbuat dari sayur-sayuran.

5. Hindari makanan yang asin

Tadi sudah yang manis-manis sekarang gantian yang asin-asin juga perlu dihindari.

Mengapa? Seperti dikutip dari situs drozindonesia.us (bulan Agustus tahun 2015), makan makanan yang mengandung garam berlebih akan membuat perut kembung menjadi kembung. Oleh sebab itu, lebih baik dihindari. Kebutuhan garam yang dibutuhkan oleh tubuh hanya sebanyak 2300 mg setiap harinya atau sekitar 1 sendok teh garam per harinya.

Itulah tadi beberapa makanan yang perlu dihindari saat kita sedang haid.

Namun memang sebaiknya kita perlu melakukan pola hidup sehat setiap hari. Agar tubuh kita selalu sehat, perlu diingat ya sahabat mencegah lebih baik daripada mengobati loh. Jadi yuk mulai sekarang kita hidup sehat.

Sumber referensi diambil dari liputan6.com (29/07/2013), drozindonesia.us (bulan Agustus tahun 2015), life.idntimes.com (04/01/2016), dan cnnindonesia.com (07/10/2017).
lithaetr
lithaetr Seorang IRT yang ingin berbagi sepenggal kenangan dan kisah berharganya, agar dapat menjadi pelajaran dan manfaat bagi sesama. Saat ini masih terus belajar menjadi penulis dan pemerhati anak. Jika ingin mengajak penulis bekerjasama silakan saja hubungi via email ke lithaetr@gmail.com atau ke WhatsApp http://wa.me/628161977335.

No comments for "Saat Haid, Coba Deh Hindari Makanan Ini"

Berlangganan via Email