Widget HTML Atas

loading...

Ini Sekolah Yang Pas Untuk Anakku

Sumber gambar : ayahbunda.co.id
Setiap mau awal pelajaran baru mesti ada momok yang menakutkan bagi setiap orang tua. Momok menakutkan tersebut adalah dimanakah kami harus menyekolahkan si kecil tercinta? Apalagi setiap orang tua pasti punya harapan agar anaknya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, orang sukses yang matang dalam pengambilan keputusan, dan menjadi orang yang bisa lebih baik dari orang tuanya kelak. Maka rasa khawatir kalau tidak mendapatkan sekolah yang cocok pasti menghantui para orang tua.

Oleh karena itu, penulis mencoba memberikan beberapa tips agar dapat memilih sekolah yang tepat buat buah hati kita tercinta. Yuk ikuti terus.

Sumber gambar : fimela.com
Memasukkan anak ke sekolah khususnya bagi yang mau masuk taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) merupakan salah satu tantangan buat para orang tua. Karena pelajaran yang didapatkan dari hasil pendidikan di TK dan SD merupakan bekal awal terbentuknya karakter dan pola pikir bagi seorang anak. Oleh karena itu, bagi para orang tua hendaknya memperhatikan apa saja yang perlu disiapkan agar tidak salah memilih sekolah bagi buah hati tercinta.

Seperti yang pernah dilansir oleh amp.kompas.com (17/01/2013), memilih sekolah yang tepat bagi anak terutama TK dan SD merupakan investasi jangka panjang bagi masa depan anak-anak.

Menurut psikolog dan pengamat pendidikan anak, Seto Mulyadi (Kak Seto), mengatakan para orang tua harus memilih sekolah dengan melihat apa yang dibutuhkan bagi anaknya. Inilah yang paling penting dan utama yang harus diketahui bagi para orang tua untuk awal mencari sekolah.

Dari nasehat Kak Seto tersebut, penulis mencoba berbagi tips ya buat sahabat yang mau mencari sekolah bagi si kecil tersayang.

Pertama, memperhatikan terlebih dahulu apa yang sebenarnya dibutuhkan bagi buah hati tersayang kita.

Dengan memperhatikan tahapan perkembangan yang telah dilalui anak kita, maka kurang lebih kita akan paham apa yang dibutuhkan bagi si kecil. Hal apa yang harus dikembangkan baginya.

Contohnya, si kecil masih kurang dalam perkembangan sisi motoriknya (gerak dan gerakannya). Maka carilah sekolah yang lebih banyak bergerak dan mengeksplorasi di luar ruangan. Agar sisi motorik kasar dan halus si kecil berkembang.

Kedua, memiliki pandangan serta visi misi yang sama dengan orang tua.

Saat kita mencari sekolah yang tepat bagi si kecil, mengetahui pandangan, visi, dan misi sekolah dalam meningkatkan kemampuan si kecil sangat diperlukan untuk diketahui oleh orang tua.

Karena dari hal tersebut kita (orang tua) menjadi paham, apakah sekolah ini hanya mementingkan di nilai akademik saja atau mempunyai tujuan dalam membentuk anak-anak agar memiliki kemampuan belajar. Seperti kemampuan menganalisa, meneliti, meriset, dan menyelesaikan masalah. Sehingga nantinya buah hati kita akan menjadi pembelajar  yang mandiri.

Ketiga, jarak sekolah dengan rumah.

Untuk anak usia TK dan SD, jarak sekolah dan rumah menjadi hal yang harus menjadi pertimbangan utama. Karena walaupun sekolah itu bagus tapi kalau jaraknya jauh dari rumah bisa coba mencari alternatif pilihan sekolah yang lain.

Untuk usia TK dan SD jarak yang tidak terlalu jauh dengan rumahlah yang lebih sesuai. Karena jarak sekolah yang terlalu jauh akan membuat anak menjadi mudah lelah. Kelelahan akan berdampak pada konsentrasi belajarnya. Jadi bila mau si kecil menikmati proses belajarnya carilah yang sekolahnya bagus dan lumayan dekat rumah.

Keempat, ajak si kecil dalam proses mencari sekolahnya.

Hal ini diperlukan agar dia juga bisa memiliki gambaran tentang dimana ia akan bersekolah. Syukur-syukur dia langsung suka sama sekolah pilihan kita jadi bisa langsung daftar kan? Hehehe.

Kelima, ini juga penting loh sahabat, amati lingkungan sekolahnya. Seperti apakah banyak pedagang keliling yang berjualan di depan sekolah dan bagaimana kamar mandinya bersih atau tidak.

Apabila sekolah tersebut baik maka pihak sekolah pun akan mempertimbangkan hal ini.

Jaman sekarang banyak sekali makanan yang kurang sehat bagi si kecil, jadi kalau banyak pedagang keliling di depan sekolahnya boleh dipertimbangkan kembali ya ayah dan bunda.

Begitupun dengan kamar mandi. Kalau kamar mandinya kurang bersih penulis rasa boleh deh cari tempat lain dulu.

Demikian beberapa tips dari penulis. Semoga bisa bermanfaat bagi para orang tua yang bingung mencari sekolah yang tepat bagi buah hati tersayang ya.

Sumber referensi :  berasal dari beberapa sumber. Seperti ayahbunda.co.id, amp.kompas.com (17/01/2013), facebook.com (ayah Edy parenting_16/05/2013), dan fimela.com (24/01/2014).
lithaetr
lithaetr Seorang IRT yang ingin berbagi sepenggal kenangan dan kisah berharganya, agar dapat menjadi pelajaran dan manfaat bagi sesama. Saat ini masih terus belajar menjadi penulis dan pemerhati anak. Jika ingin mengajak penulis bekerjasama silakan saja hubungi via email ke lithaetr@gmail.com atau ke WhatsApp http://wa.me/628161977335.

No comments for "Ini Sekolah Yang Pas Untuk Anakku"

Berlangganan via Email